Rabu 22 Nov 2023 07:31 WIB

Masih Belum Tergerak Bantu Palestina? Ingatlah Sabda-Sabda Nabi Muhammad Ini

Hadits Nabi Muhammad mengingatkan pentingnya membantu Muslim termasuk Palestina.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Hadits Nabi Muhammad mengingatkan pentingnya membantu Muslim termasuk Palestina. Foto:  Bantuan untuk Palestina (Ilustrasi).
Foto: Dompet Dhuafa
Hadits Nabi Muhammad mengingatkan pentingnya membantu Muslim termasuk Palestina. Foto: Bantuan untuk Palestina (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rakyat Palestina selama hampir separuh abad menderita karena penjajahan yang dilakukan oleh Zionis Israel. Tidak hanya merampok tanah, para penjajah itu bahkan terus membunuhi rakyat Palestina yang mayoritasnya adalah umat Islam.

Umat Islam di sana pun terus berjuang agar lepas dari belenggu penjajahan Israel. Kita sebagai umat Islam pun sangat dianjurkan untuk membantu rakyat Palestina.

Baca Juga

Sebaik-baiknya mengeluarkan tenaga, harta, dan pemikiran adalah untuk memperjuangkan agama Allah. Oleh karena itu orang yang mengeluarkan tenaganya, hartanya dan pemikirannya untuk membantu orang-orang yang sedang berjihad maka juga akan mendapatkan pahala yang sama besarnya. 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ جَهَّزَغَازِيًافِى سَبِيْلِ اللَّهِ  فَقَدْغَزَا, وَمَنْ خَلَفَ غَازِيًافِى أَهْلِهِ بِخَيْرٍفَقَدْغَزَا.

 

Rasulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa yang mempersiapkan keperluan orang yang akan berperang di jalan Allah, maka dia benar-benar telah berperang. Dan barangsiapa mengganti orang yang berperang menjaga keluarganya (menjaga keluarganya) dengan baik, maka ia benar-benar telah berperang,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dapat dipahami bahwa seorang Muslim yang mengurus keperluan orang yang hendak berangkat berjihad, termasuk juga misalnya membantu mengurus persiapan orang yang hendak mensyiarkan agama Allah ke berbagai penjuru daerah, maka bagi orang yang mengurus keperluan itu pahala berjihad. Begitupun orang yang menjaga keluarga orang-orang yang berangkat ke medan perang untuk jihad, maka bagi orang tersebut juga pahala yang sama seperti orang yang berangkat perang. 

Begitu juga orang-orang yang mau mengeluarkan hartanya untuk membantu perjuangan para mujahid yang juga memiliki misi menjaga dan mempertahankan Masjid Al Aqsha, maka setiap harta yang dikeluarkan akan berlipat ganda pahalanya. 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَنْفَقَ نَفَقَةً فِى سَبِيْلِ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ بِسَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Barangsiapa menafkahkan hartanya satu nafkah untuk kepentingan agama Allah, maka ditulis tujuh ratus kali ganjaran,” (HR. Nasai dan Turmudzi).

Barangsiapa yang meringankan kesulitan besar seorang muslim di dunia...

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement