Selasa 21 Nov 2023 05:58 WIB

Hadits Ini Patahkan Klaim Yahudi Soal Awal Berdirinya Masjid Al-Aqsa di Yerusalem

Masjid Al-Aqsa sudah berdiri sejak masa Nabi Adam

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Pemandangan Masjid Al-Aqsa Yerusalem Palestina. Masjid Al-Aqsa sudah berdiri sejak masa Nabi Adam
Foto: EPA-EFE/MANUEL DE ALMEIDA
Pemandangan Masjid Al-Aqsa Yerusalem Palestina. Masjid Al-Aqsa sudah berdiri sejak masa Nabi Adam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Orang-orang Yahudi mengklaim bahwa Masjid Al Aqsa adalah sebuah kuil yang pembangunannya telah dimulai sejak zaman Nabi Daud. Orang Yahudi menyebut Al-Aqsa dibangun  pertama kali oleh Nabi Daud dan diselesaikan oleh Nabi Sulaiman. 

Pernyataan itu sepenuhnya salah. Dalam Islam, bahwa yang benar adalah Nabi Daud dan Nabi Sulaiman membaharui masjid Al-Aqsa. Maka berbeda antara yang memperbarui dan yang membangun.

Baca Juga

Orang-orang zionis menginginkan untuk mengambil Masjid Al Aqsa seluruhnya. Atau mereka menyebutnya Al Haram Al Maqdis atau Temple  Mount yaitu tempat suci dan dimuliakan sebelum diangkatnya Nabi Daud dan putranya Nabi Sulaiman, dan juga sebelum menjadi tempat berdoa Nabi Ibrahim dan Nabi Luth.

Masjid Al-Aqsa itu telah ada sebelum lahirnya Nabi Muhammad SAW. Dan yang membangun pertama kali adalah Nabi Adam alaihi salam. Nabi Adam membangun Masjid Al-Aqsa setelah membangun Ka'bah di Makkah dengan rentang waktu empat puluh tahun. Hal ini mengutip hadits Nabi Muhammad SAW :  

 

حَدَّثَنِي أَبُو كَامِلٍ الْجَحْدَرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ ح و حَدَّثَنَا  أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ  الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قُلْتُ كَمْ بَيْنَهُمَا قَالَ أَرْبَعُونَ سَنَةً وَأَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلِّ فَهُوَ مَسْجِدٌ وَفِي حَدِيثِ أَبِي كَامِلٍ ثُمَّ حَيْثُمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلِّهْ فَإِنَّهُ مَسْجِدٌ

Artinya: Telah menceritakan kepadaku Abu Kamil al Jahdari telah menceritakan kepada kami Abdul Wahid telah menceritakan kepada kami al A'masy, dia berkata, -lewat jalur periwayatan lain - dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Abu Kuraib, keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dari al A'masy dari Ibrahim at-Taimi dari bapaknya dari Abu Dzarr dia berkata, "Saya berkata, "Wahai Rasulullah, masjid apa yang didirikan di bumi pertama kali?  Rasulullah menjawab: "Masjidil Haram,"  Aku bertanya lagi: "Kemudian apa lagi?" Beliau menjawab: "Masjid al-Aqsa."  

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Aku bertanya: "Berapa waktu pembangunan antara keduanya? Nabi  menjawab: "Empat puluh tahun. Dan di mana pun kamu mendapatkan waktu sholat maka sholatlah, dan ia adalah masjid (untukmu)." 

Dan dalam hadits Abu Kamili: "Kemudian di mana pun kamu mendapatkan (waktu) sholat, sholatlah padanya karena ia adalah masjid (untukmu).' (HR  Muslim). 

Perintah menjaga..

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement