Senin 20 Nov 2023 07:39 WIB

Masih Susah Bebas dari Utang? Baca Doa Ini Agar Dimudahkan Allah SWT 

Rasulullah SAW ajarkan doa utang segera terlunasi

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi utang. Rasulullah SAW ajarkan doa utang segera terlunasi
Foto: Freepik
Ilustrasi utang. Rasulullah SAW ajarkan doa utang segera terlunasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu ketenangan hidup seseorang, yakni dapat terbebas dari lilitan utang. Untuk itu, Muslim dapat memanjatkan doa kepada Allah Ta'ala sambil terus ikhtiar agar dibebaskan dari utangnya.  

Berikut doa yang dapat dibaca,

Baca Juga

 اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

 Allaahummakfinii bihalaalika 'an haraamika, wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak.

 

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Jadikanlah aku kaya dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu." (HR Abdullah bin Ahmad, At-Tirmidzi, Al Hakim). 

اَللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وُتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ لخَيْرُ، إِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَحْممَانَ الدُّنْيَأ وَا لآ خِرَةِوَرَحِيْمَهُمَا، تُغطِيهِمَا مَنْ تَشَاءُ وَتَمْنَعُ مِنْهُمَا مَنْ تَشَاءُ، اِرْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِي بِهَا عَنْ رَحمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allaahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa', wa tanzi'ul mulka mimman tasyaa', wa tu'izzu man tasyaa', wa tudzillu man tasyaa', biyadikal khair, innaka 'alaa kulli syai-in qadiir, rahmaanad-dunyaa wal aakhirati wa rahiimahumaa, tu'thiihimaa man tasyaa' wa tamna'u minhumaa man tasyaa', irhamnii rahmatan tughniinii bihaa 'an rahmati man siwaak.

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

 

"Ya Allah, pemilik Seluruh Kekuasaan. Engkau beri kekuasaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau mencabutnya dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau memuliakan siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau menghinakan siapa yang Engkau kehendaki.

Di tangan-Mulah segala kebaikan, dan Engkau Maha Berkuasa Atas Segala Sesuatu. Wahai Pengasih di Dunia dan Akhirat dan Penyayang di keduanya, Engkau memberikan keduanya (dunia dan akhirat) kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan menahan keduanya dari siapa yang Engkau kehendaki. Rahmatilah aku dengan rahmat-Mu yang menjadikanku tak lagi memerlukan belas kasih selain-Mu."  (HR Thabrani)  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement