Jumat 17 Nov 2023 08:04 WIB

Tanda Argameddon berupa Keadaan Sungai Eufrat, Ini Profilnya

Sungai Eufrat menjadi sumber kehidupan sejak ribuan tahun lalu.

Sungai Eufrat
Foto:

Di antara berbagai spesies ikan yang hidup di perairan ini yang paling umum dijumpai orang adalah ikan mas, yakni 34 spesies dari keseluruhan 52 spesies ikan yang ada. Masyarakat di sekitar sana gemar memancing dan menangkap ikan. Kemudian terdapat spesies kura-kura cangkang lunak yang hanya ada di sana.

Relief-relief istana Kekaisaran Asyur Baru, yang dibangun pada milenium pertama pra-Masehi, menggambarkan adegan perburuan singa dan banteng di bentang alam yang subur. Orang-orang Eropa, yang pernah berkelana sampai ke daerah lembah Sungai Efrat di Suriah pada kurun waktu abad ke-16 sampai abad ke-19, melaporkan tentang keberagaman margasatwa di daerah tersebut. Kini banyak yang sudah langka bahkan punah. 

Spesies-spesies satwa seperti kijang, equus hemionus (keledai liar), dan burung unta arab (sudah punah), hidup bebas di kawasan stepa yang memagari daerah lembah Sungai Efrat, sementara daerah lembah Sungai Efrat itu sendiri merupakan daerah yang dihuni satwa celeng. Spesies-spesies satwa pemakan daging yang hidup di daerah ini adalah serigala kelabu, canis aureus (jakal), rubah merah, macan tutul, dan singa.

Beruang cokelat syam mendiami daerah pegunungan di kawasan tenggara Turki. Keberadaan castor fiber (berang-berang pengerat erasia) dibuktikan oleh sekumpulan tulang temuan dari situs prasejarah Abu Hurairah di Suriah, tetapi berang-berang pengerat ini tidak pernah dilihat orang sepanjang zaman sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement