Jumat 17 Nov 2023 04:05 WIB

Empat Hikmah dari Surat Al Mulk Bagi Jiwa

Setiap surat di dalam Alquran memiliki hikmah dan keistimewaan tersendiri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Jamaah membaca Alquran
Foto:

4. Allah Maha Tahu tentang apa yang akan terjadi

Hal ini sebagaimana firman Allah Surat Al Mulk ayat 25-26. Dalam contoh ini, Nabi ditanyai dengan nada mengejek kapan Hari Pembalasan akan terjadi. Pelajaran yang dapat dipelajari di sini ada dua.

Kedua ayat ini mewakili tema umum dalam Alquran. Ini adalah perintah Allah kepada Nabi tentang apa yang harus dibalas kepada orang-orang yang memiliki niat buruk terhadap beliau dan umat Islam.

Tidak terpaku pada detail yang belum Allah berikan kepada kita. Hal ini membutuhkan keyakinan bahwa Allah lebih mengetahui, yang Dia lakukan karena Dia Maha Mengetahui. Dalam hadits Bukhari, ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Nabi SAW kapan hari kiamat akan terjadi. Nabi menjawab, “Apa yang telah kamu persiapkan untuk itu?"

Pergeseran perspektif ini penting untuk kesuksesan di dunia ini dan di akhirat. Pergeserannya adalah fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan, bukan pada apa yang tidak bisa Anda kendalikan.

Bagian kedua dari pelajaran ini adalah untuk memperhatikan bagaimana Allah mendukung Nabi-Nya dengan memberinya respons yang tepat terhadap setiap tantangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement