Jumat 17 Nov 2023 04:05 WIB

Empat Hikmah dari Surat Al Mulk Bagi Jiwa

Setiap surat di dalam Alquran memiliki hikmah dan keistimewaan tersendiri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Jamaah membaca Alquran
Foto:

3. Allah Maha Tahu sehingga tidak ada yang bisa disembunyikan dari hati

Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menyembunyikan apa yang ada di hati. Entah, misalnya, seseorang berbicara secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan, tapi sesungguhnya Dia pasti yang lebih mengetahui apa yang tersembunyi di dalam hati.

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Alquran Surat Al Mulk ayat 13-14. Ibnu Abbas merenungkan bahwa alasan diturunkannya ayat ini adalah karena orang-orang kafir akan memfitnah Nabi dan saling mengingatkan untuk berbisik/diam. Mereka sepertinya mengabaikan bahwa Allah mendengar semuanya.

Pelajaran dalam ayat-ayat ini hampir menghantui dan tidak dimaksudkan hanya untuk kaum Quraisy saja. Hikmahnya, diucapkan atau tidak, apa yang sebenarnya ada di dalam hatimu akan keluar dan diketahui.

"Kami tidak dapat mengetahui apakah foto Instagram Anda yang menjadi sukarelawan diposting dengan tujuan mempromosikan diri/membual atau berbagi peluang untuk bekerja dengan baik. Tapi Allah tahu. Dan Dia akan menyingkapkan kita jika kita tidak aktif melakukan “pekerjaan hati” untuk menyucikan diri," kata Hana.

Hal ini mencakup upaya praktis seperti terus-menerus melakukan taubat, memberikan hak-Nya kepada Allah melalui sholat, menyempurnakan karakter kita melalui kata-kata yang baik dan amal, dan masih banyak lagi. Jangan terjebak dalam membuat profil tentang betapa baiknya Anda saat online. Bangunlah dalam kehidupan nyata dan ingatlah Allah mengetahui usaha atau kekurangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement