Jumat 10 Nov 2023 23:59 WIB

6 Pemicu Kerusakan Alam yang Diisyaratkan Alquran

Kerusakan di langit dan bumi akibat ulah manusia

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
[Ilustrasi] Tim gabungan tanggap bencana membersihkan material tanah longsor yang menutupi badan jalan utama Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Foto:

Dalam perspektif Alquran ada beberapa hal yang membuat terjadinya kerusakan bumi. Pertama adalah mengubah ciptaan Allah, maksudnya segala sesuatu yang telah ditetapkan fitrahnya, diubah.

Semisal air yang fitrahnya adalah alat bersuci sehingga harus bersih dan suci namun tidak dapat digunakan karena tercemar oleh limbah Industri. Akibatnya menyebabkan kerusakan pada habitat alam. Kedua adalah perilaku zalim manusia dengan lingkungan dengan mengeksploitasi alam semaunya tanpa melakukan perbaikan. 

Ketiga yaitu menyombongkan diri. Manusia modern kerap berlaku semena-mena, sombong akan kemajuan teknologinya  dan mengeksploitasi alam hingga menyebabkan kerusakan.

Keempat, manusia modern kerap memperturuti hawa nafsu, menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya untuk menguasai alam dan menjarah sumber dayanya. 

Kelima, menyimpang dari keseimbangan alam. Padahal Allah SWT telah menciptakan alam raya berikut bumi dan isinya dengan keseimbangan. Berbagai kenikmatan telah disediakan Allah baik di darat, laut dan udara. Namun manusia merusak keseimbangan yang ada dengan melakukan kerusakan pada alam seperti pembakaran hutan dan sebagainya. 

Keenam, karena kufur nikmat, kerusakan yang terjadi di bumi disebabkan kufurnya manusia terhadap nikmat yang telah Allah berikan. Sehingga Allah menimpakan kegelisahan, kelaparan, bencana dan lainnya. 

Semua yang ada di muka bumi adalah makhluk Allah SWT yang bertasbih dan bersujud padaNya. Maka dari itu manusia tidak boleh semena-mena terhadap makhluk Allah lainnya misalnya hutan, gunung, laut, hewan dan lainnya.

Manusia juga harus mampu menjalankan perannya sebagai khalifah di muka bumi untuk menegakan keadilan, menebar kebaikan dan kemaslahatan bagi setiap makhluk Allah. Selain itu, manusia juga harus memakmurkan bumi yang menjadi amanat dari Allah. 

Baca juga: Baca Doa Ini Agar Allah SWT Satukan Kita dengan Orang Saleh dan Penghuni Surga

Memperlakukan alam harus dengan cinta. Karena hilang cinta membuat orang semena-mena sehingga merusak. Baru langkah terakhir adalah antisipatif mengurangi dampak perubahan iklim.

Dalam Alquran dan Hadits banyak yang menjelaskan tentang gerakan penghijauan, reboisasi. Setiap Muslim diamanatkan menanam pohon, tdak membuang sampah sembarangan, dan menjaga keseimbangan.   

photo
Infografis Mudah Khatam ALquran - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement