Kamis 09 Nov 2023 11:53 WIB

Peringatan Nabi Muhammad SAW untuk Orang yang Sering Terlambat Sholat

Nabi Muhammad SAW adalah seorang penuntun terbaik bagi umatnya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Mimbar Masjid Quba di Madinah, Arab Saudi menjelang waktu sholat Dzuhur, Sabtu (15/7/2023).
Foto:

Ibadah yang terkandung dalam hadits tersebut adalah sholat. Rasulullah SAW melihat sejumlah sahabat yang terlambat sholat. Mereka tidak terbiasa datang lebih awal ke masjid untuk melaksanakan sholat, dan ada juga yang tidak peduli untuk berada di shaf terdepan.

Bahkan di antara mereka ada yang sholat di bagian belakang masjid. Dalam kondisi itulah, Nabi SAW meminta mereka untuk maju ke depan dan sholat di shaf tepat di belakang Rasulullah yang menjadi imam sholat mereka.

 

Setelah sholat, beliau SAW memperingatkan, jika terlambat sholat di masjid sehingga tidak mendapatkan shaf untuk melaksanakan sholat, maka Allah SWT akan menunda pahala untuk mereka. Adapun jika terlambat sholat sehingga tidak mendapatkan shaf pertama, maka Allah akan menunda pemberian karunia-Nya yang besar dan kedudukan yang tinggi.

Dalam Alquran pun telah ada peringatan bagi orang-orang melalaikan sholat. Ayat 4 dan 5 Surah Al Ma'un membicarakan orang yang celaka karena telah melalaikan sholat. Namun siapa saja yang termasuk lalai terhadap sholat?

Allah SWT berfirman...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement