Jumat 03 Nov 2023 00:05 WIB

Kaum Yahudi Diperintah Muliakan Hari Jumat, tapi Menolak dan Memilih Sabtu

Imam Al Suddi menjelaskan terkait hari Sabtu dan umat Yahudi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
 Pandangan umum pemukiman Yahudi Tepi Barat Efrat, Senin, 30 Januari 2023.
Foto:

Dalam hadits Abu Hurairah RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 (نَحْنُ الآخِرُونَ السَّابِقُونَ يَوْمَ القِيَامَةِ، بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا، ثُمَّ هَذَا يَوْمُهُمُ الَّذِي فُرِضَ عَلَيْهِمْ، فَاخْتَلَفُوا فِيهِ، فَهَدَانَا اللَّهُ، فَالنَّاسُ لَنَا فِيهِ تَبَعٌ اليَهُودُ غَدًا، وَالنَّصَارَى بَعْدَ غَدٍ).

"Kita (umat Muhammad) adalah umat yang terakhir (datang ke dunia), tetapi kita adalah umat yang terdahulu (diadili) pada hari kiamat. Padahal seluruh umat telah diberi kitab sebelum kita, sedangkan kita (diberi kitab) setelah mereka. Kemudian pada hari ini, yakni hari yang telah ditetapkan oleh Allah untuk kita, Allah telah memberikan petunjuk kepada kita. Dan umat-umat lain terkait dengan hari itu adalah pengikut, bagi orang-orang Yahudi adalah esok, sementara bagi orang-orang Nasrani adalah esok lusa." (HR Bukhari).

Terkait hari Sabtu dan umat Yahudi, Imam Al Suddi menjelaskan sebagaimana berikut ini:

 "إن الله فرض على اليهود يوم الجمعة فأبوا وقالوا يا موسى: إن الله لم يخلق يوم السبت شيئا فاجعل لنا السبت، فلما جعل عليهم السبت استحلوا فيه ما حرم عليهم". "رواه ابن أبي حاتم".

"Sungguh Allah SWT memberlakukan hari Jumat kepada orang-orang Yahudi tetapi mereka menolaknya dan berkata, 'Wahai Musa, Allah tidak menciptakan apapun di hari Sabtu, maka jadikanlah hari Sabtu untuk kami.' Ketika Allah menjadikan hari Sabtu untuk umat Yahudi, mereka menghalalkan apa yang dilarang. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim)

photo
3 Benteng Klan Yahudi di Madinah - (republika)

sumber : Islamweb
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement