Kamis 02 Nov 2023 10:41 WIB

Doa yang Bisa Dibaca Setelah Membaca Surat Yasin

Islam telah memberitahukan ihwal keutamaan membaca Surat Yasin.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Surat Yasin
Foto: Infografis Republika
Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Yasin adalah surat yang biasa dilantunkan oleh umat Muslim di Indonesia pada setiap malam Jumat. Surat ini turun di Makkah dengan total 83 ayat.

Islam telah memberitahukan ihwal keutamaan membaca Surat Yasin. Hal ini dapat diketahui dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, yang di dalamnya Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

"Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan hati Alquran adalah Surat Yasin. Siapa yang membacanya (Surat Yasin), Allah memberikan pahala sama seperti membaca Alquran sepuluh kali sebagai ganjaran karena telah membacanya." (HR. Tirmidzi)

 

Setelah membaca Surat Yasin, hendaknya disertai dengan membaca doa, walaupun memang belum ditemukan terkait apakah terdapat doa khusus yang diucapkan Rasulullah SAW setelah membaca Surat Yasin.

Meski demikian, para ulama menyatakan bahwa mengucapkan doa setelah membaca Alquran adalah momen yang mustajab. Salah satu ulama itu ialah Ibnu Muflih dalam kitabnya Al-Adab.

Sejumlah ulama juga memberitahukan doa yang dapat dibaca setelah membaca Surat Yasin. Adapun doa setelah membaca Surat Yasin sebagai berikut, dikutip dari Mawdoo3.

Doa setelah membaca Surat Yasin...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement