Selasa 31 Oct 2023 02:05 WIB

Doa Nabi Muhammad Ketika Sedang Flu dan Sakit Kepala

Ketika sedang sakit, Islam menganjurkan umatnya membaca doa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Warga berdoa. Ilustrasi
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membaca doa sehari-sehari dalam setiap kegiatan apapun selalu dianjurkan dalam Islam. Semua itu tidak lain agar apa-apa yang umat Islam lakukan menjadi berkah dan juga mendatangkan pahala bagi yang melakukannya.

Misalnya, ketika bangun tidur kita membaca doa, mau makan kita membaca doa, dan hendak bepergian pun kita membaca doa. Membaca doa-doa ini, tidak hanya ketika kita sedang sehat.

Baca Juga

Bahkan, ketika sedang sakit, Islam menganjurkan umatnya membaca doa. Misalnya saat kita terkena sakit gigi, sakit flu, sakit kepala, atau sakit pinggang.

Dalam kondisi sakit, kita bisa langsung mengonsumsi obat untuk meredakan sakit itu. Hanya saja, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT, dengan berdoa agar disembuhkan dari rasa sakit itu.

 

Ustadz Khalid Basalamah dalam salah satu ceramahnya mengatakan, “Nabi Muhammad SAW menyebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim  siapapun yang sedang sakit lalu dia memegang tempat sakitnya, kemudian dia membaca bismillah 3 kali, kemudian membaca doa ini 7 kali, sambil memegang tepat sakitnya, artinya (saat) flu pun kita bisa pegang hidung, sakit kepala bisa pegang kepala, dan subhanallah saya pribadi sakit kepala, pegang ini (kepala) dan baca doa,, hilang sakit kepalanya,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Berikut ini doanya dengan memegang bagian tubuh yang sakit.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement