Senin 30 Oct 2023 14:10 WIB

Doa Memohon Perlindungan dari Bencana Berat  

Hendaknya seorang muslim membaca doa agar terhindar dari bencana besar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Orang tengah berdoa (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang tengah berdoa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bencana yang begitu berat akan menyulitkan hidup seseorang. Maka hendaknya seorang muslim membaca doa agar terhindar dari bencana besar dan segala hal yang tidak disukai kepada Allah Ta'ala. 

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Abu Hurairah radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa Nabi ﷺ bersabda (HR Bukhari dan Muslim) :

Baca Juga

“Mohonlah perlindungan kepada Allah dari (bencana yang sangat berat), daraku-sy syaqaa` (kesengsaraan dan segala faktor penyebabnya), suu`u-l qadhaa` (hal-hal yang tidak disukai), dan syamaatatu-l a`daa` (kebahagiaan musuh atas musibah yang menimpa diri).”

Dalam riwayat lainnya (HR. Muslim) disebutkan bahwa Nabi ﷺ biasa beristi`adzah dari jahdu-l balaa`, daraku-sy syaqaa`, suu`u-l qadhaa`, dan syamaatatu-l a`daa`.”

 

Berikut doa yang dapat dibaca:

اللهمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allaahumma innii a`udzu bika min jahdi-l balaa wa daraki-sy syaqaa wa suu-il qadhaa wa syamaatati-l a`daa`

Artinya: Ya Allah! Aku berlindung kepadaMu dari bencana yang sangat berat, kesengsaraan dan segala faktor penyebabnya, hal-hal yang tidak disukai, serta kebahagiaan musuh atas musibah yang menimpa diriku.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement