Senin 30 Oct 2023 07:35 WIB

12 Adab Membaca Alquran di HP, Haruskah Muslim Wudhu Dulu?

Sejatinya, adab membaca Alquran di HP sama dengan adab membaca mushaf Alquran.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Alquran Digital
Foto: Republika/Prayogi
Alquran Digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak Muslim yang menggunakan aplikasi Alquran dalam ponsel pintarnya. Itu memudahkan orang membaca Alquran di mana pun berada. Namun, bagaimana adabnya ketika akan membaca Alquran di HP atau ponsel?

Sejatinya, adab membaca Alquran di HP sama dengan adab membaca mushaf Alquran. Habib Utsman bin Yahya dalam kitabnya Iqdul Juman menjelaskan adab membaca Alquran di HP.

Baca Juga

Adab Membaca Alquran di HP

Adab yang pertama bagi yang membaca Alquran adalah adab yang fardhu ain, yaitu ia wajib membaca Alquran baik mushaf atau digital dengan tajwid. Maka, bagi seseorang yang membaca Alquran tanpa tajwid ia menjadi fasik.

Adab yang kedua, membaca Alquran digital dengan sungguh-sungguh dan sunahnya dalam keadaan berwudhu, menghadap kiblat, menundukkan kepala sebagai bentuk hormat kepada Alquran, dan jangan duduk dengan bersandar serta jangan duduk seperti kelakuan orang yang takabur mengangkat dirinya.

 

Adab yang ketiga, seseorang yang membaca Alquran digital wajib merendahkan diri dan berperangai lemah lembut. Maka jangan berangas dan jangan suka merasa lebih unggul dari yang lain dalam masalah bacaan atau membaca Alquran dengan suara yang berlawanan dari pembaca yang lain.

Adab yang keempat, orang yang membaca Alquran digital dan orang yang mendengarkan Alquran digital dengan sedih hati meskipun dia tidak mengetahui akan artinya. Adab yang kelima, seseorang wajib membaca Alquran digital dengan ikhlas.

Adab yang keenam...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement