Jumat 27 Oct 2023 08:55 WIB

Dahsyatnya Manfaat Sholat Terangkum dalam Ayat-Ayat Alquran Berikut Ini

Alquran mengabadikan keutamaan sholat untuk Muslim

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat. Alquran mengabadikan keutamaan sholat untuk Muslim
Foto: REPUBLIKA
Ilustrasi sholat. Alquran mengabadikan keutamaan sholat untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sholat satu-satunya ibadah yang perintah kewajiban menunaikannya diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW tanpa melalui perantara malaikat Jibril. 

Perintah sholat diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra dan Miraj. Banyak rahasia dan keutamaan dalam ibadah sholat. Sholat memiliki rahasia-rahasia yang akan diperoleh bagi orang yang mengerjakannya. Di antaranya sebagai berikut: 

Baca Juga

1. Sholat merupakan sarana bermunajat serta sumber pensucian hati. Dalam sholat terbentang luas medan rahasia Allah SWT dan muncul darinya kilauan cahaya. Allah SWT berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا ععَلَى الْخَاشِعِينَ Artinya: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (QS Al Baqarah ayat 45).  

 

2. Di antara rahasia dan keutamaan sholat adalah mencegah manusia dari perbuatan-perbuatan yang buruk, perbuatan yang keji. 

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Ankabut ayat 45).

3. Sholat juga dapat mencegah bencana . Sebab sejatinya setiap manusia di muka bumi ibarat seperti telur di atas tanduk. Di mana banyak hal yang setiap detik dapat mengancam dan membahayakan kehidupannya.

Baca juga: Gaza Masih Memanas, Baca Doa Qunut Nazilah ini Agar Allah SWT Lindungi Palestina

Misalnya saja potensi terjadinya bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, badai topan dan lain sebagainya. Atau juga manusia sangat rawan sekali difitnah dan lain sebagainya. 

Hal-hal itu semua bisa terhindar ketika seseorang mampu membentengi dirinya dari setiap bencana baik secara zahir maupun batin yakni dengan sholat. 

Maka salah satu fungsi ibadah sholat adalah menolak bala. Tidak ada yang bisa menyelamatkan kita selain Allah SWT.

Semua punya problem dan tidak ada yang bisa menyelamatkan kecuali Allah SWT. Minta tolong sama Allah  SWT dengan sabar dan sholat. Sebab seandainya bukan karena sholat, maka boleh jadi semua musibah itu datang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement