Senin 23 Oct 2023 12:39 WIB

Ini Maksud Berlaku Adil pada Keluarga di Surat An Nisa ayat 135

Berlaku adil merupakan keharusan untuk mewujudkan keseimbangan hidup.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi keadilan.
Foto: google.co.id
Ilustrasi keadilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah urusan ketika melibatkan keluarga dan kerabat tak jarang pilihan menjadi berat sebelah atau subjektif. Baik itu masalah yang dihadapu di masyarakat maupun dalam urusan pribadi seperti pekerjaan, pendidikan dan lain-lain. 

Lalu bagaimana Alquran menjelaskan mengenai sikap adil ketika dihadapkan pada keluarga. Dalam  Alquran surat An Nisa ayat 135 disebutkan, 

Baca Juga

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

۞ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاۤءَ لِلّٰهِ وَلَوْ عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ ۚ اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَاۗ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰٓى اَنْ تَعْدِلُوْا ۚ وَاِنْ تَلْوٗٓا اَوْ تُعْرِضُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا 

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penegak keadilan dan saksi karena Allah, walaupun kesaksian itu memberatkan dirimu sendiri, ibu bapakmu, atau kerabatmu. Jika dia (yang diberatkan dalam kesaksian) kaya atau miskin, Allah lebih layak tahu (kemaslahatan) keduanya. Maka, janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang (dari kebenaran). Jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau berpaling (enggan menjadi saksi), sesungguhnya Allah Maha Teliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat tersebut dijelaskan Tafsir Tahlili bahwa orang-orang beriman diperintahkan agar menjadi orang yang benar-benar menegakkan keadilan di tengah-tengah masyarakat. Karenanya Allah memerintahkan kepada mereka untuk berlaku adil dalam segala hal, seperti keadilan dalam membagi waktu, menegakkan salat secara tetap dan tepat pada waktunya.  

 

Dalam memberikan kesaksian, Allah memerintahkan agar memberikan kesaksian seperti apa adanya, tidak boleh memutarbalikkan kenyataan. Dalam menimbang barang agar berlaku adil, menimbang dengan tepat, tidak menambah dan tidak mengurangi.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement