Rabu 18 Oct 2023 08:20 WIB

Kala Muslim Bersatu dan Benda Mati Bicara Tunjukkan Keberadaan Orang Yahudi 

Orang Yahudi, seperti zionis Israel, akan dikejar habis-habisan menjelang hari kiamat

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Bendera Palestina dikibarkan sebagai tanda mendukung Palestina.
Foto: EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
Bendera Palestina dikibarkan sebagai tanda mendukung Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim dari berbagai negara terus memberikan dukungan dan bantuan bagi perjuangan rakyat Palestina menghadapi invasi militer Israel. Misalnya saja di Indonesia, umat Muslim beberapa waktu lalu kompak membaca qunut nazilah dan doa bersama di berbagai Masjid.

Di beberapa daerah pun diselenggarakan penggalangan donasi kemanusiaan. Sementara itu pemerintah dan organisasi keislaman terus melakukan diplomasi politik agar bantuan kemanusiaan dapat masuk ke Palestina khsusnya ke jalur Gaza yang masih diblokade. 

Baca Juga

Sejatinya Rasulullah SAW telah menginformasikan kelak umat Muslim akan bertempur melawan orang-orang Yahudi. Hingga orang-orang Yahudi itu ketakutan menghadapi pasukan Muslim. Sampai-sampai mereka sembunyi di balik batu. Tetapi batu pun bahkan menunjukkan posisi orang-orang Yahudi kepada pasukan Muslim. 

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَرْوِيُّ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُقَاتِلُونَ الْيَهُودَ حَتَّى يَخْتَبِيَ أَحَدُهُمْ وَرَاءَ الْحَجَرِ فَيَقُولُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

 

Telah bercerita kepada kami Ishaq bin Muhammad Al Farwiy, telah bercerita kepada kami Malik dari Nafi' dari 'Abdullah bin 'Umar radhiallahu'anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi hingga seorang dari mereka akan bersembunyi di balik batu, lalu batu itu akan berkata, "Wahai 'Abdullah, ini Yahudi di belakangku bunuhlah dia". (HR. Bukhari 2925 Fathul Bari)

Dalam redaksi lainnya:

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تُقَاتِلُوا الْيَهُودَ حَتَّى يَقُولَ الْحَجَرُ وَرَاءَهُ الْيَهُودِيُّ يَا مُسْلِمُ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Artinya: Telah bercerita kepada kami Ishaq bin Ibrahim, telah mengabarkan kepada kami Jarir dari 'Umarah bin Al Qa'qa' dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu dari Rasulullah ﷺ bersabda, "Tidak akan datang hari kiamat hingga kalian memerangi orang-orang Yahudi hingga batu yang di baliknya bersembunyi seorangYahudi akan berkata, "Wahai Muslim, ini Yahudi di belakangku bunuhlah dia". (HR Bukhari 2926 Fathul Bari).

Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari menjelaskan bahwa dua hadits di atas adalah hadits yang memberitakan tentang peristiwa yang akan terjadi pada akhir zaman. Dan waktunya belum terjadi hingga saat ini. Dari lafadz tuqotilu (تُقَاتِلُونَ) yang berarti kalian akan memerangi menurut Ibnu Hajar adalah seluruh umat Muslim.

قوله ( تقاتلون) فيه جواز مخاطبة الشخص والمراد غيره ممن يقول بقوله ويعتقد اعتقاده ، لأنه من المعلوم أن الوقت الذى أشار إليه لم يأت بعد. وإنما أراد بقوله تقاتلون مخاطبة المسلمين. 

Artinya: kalimat tuqotilu (kalian memerangi) dalam kalimat ini maksudnya bolehnya berbicara dengan seseorang dan yang dimaksud dalam pembicaraan itu adalah orang lain yang memiliki persamaan dari segi prinsip dan keyakinan dengan lawan bicaranya. Sebab diketahui waktu yang dimaksudkan sampai saat ini belum terjadi. Dan yang dimaksud dengan kalimat tuqotilu itu adalah kaum Muslimin. (Lihat kitab Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari karya Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani, cetakan Maktabah Salafiyyah juz 6,  halaman 103)

 

 

Lebih lanjut Ibnu Hajar...Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement