Selasa 17 Oct 2023 07:36 WIB

Ini Ayat Alquran yang Mengharuskan Setiap Muslim Membela Palestina

Ayat Alquran berikut ini mengandung pesan kuat untuk membela Palestina.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina.
Foto: AP/Kin Cheung
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Beberapa hari terakhir hingga detik ini, Israel menyerang Palestina dengan segala kekuatan militernya. Hal itu dilakukan sebagai wujud dendam dan balasan terhadap Hamas yang sebelumnya menyerang Israel dan merebut kawasan yang diduduki Israel.

Israel merupakan negara yang berdiri di atas darah dan penderitaan puluhan juta rakyat Palestina sejak pertengahan abad ke 20. Berbekal dukung dan lobi orang kaya dan berpengaruh dari Yahudi, juga doktrin zionisme Theodore Herzl, sekelompok Yahudi ekstrem mendirikan Israel dan memerangi rakyat Palestina yang terdiri dari berbagai keyakinan dan hidup damai di sana.

Baca Juga

Ayat Alquran yang menjadi dasar mengapa setiap Muslim harus membela Palestina terdapat dalam Surah Al-Maidah Ayat 21 berikut ini

يَٰقَوْمِ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْأَرْضَ ٱلْمُقَدَّسَةَ ٱلَّتِى كَتَبَ ٱللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَرْتَدُّوا۟ عَلَىٰٓ أَدْبَارِكُمْ فَتَنقَلِبُوا۟ خَٰسِرِينَ

 

Yā qaumidkhulul-arḍal-muqaddasatallatī kataballāhu lakum wa lā tartaddụ 'alā adbārikum fa tangqalibụ khāsirīn

Artinya: Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.

Tafsir

Ahli tafsir Alquran dari Universitas Islam Madinah Syekh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar dalam karyanya Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir mendetailkan pembahasan ayat tersebut sebagai berikut,

 الْأَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ (tanah suci)

Yakni tanah Palestina.

Dan makna (المقدسة) yakni disucikan, atau diberkahi.

الَّتِى كَتَبَ اللهُ لَكُمْ (yang telah ditentukan Allah bagimu)

Yakni ditakdirkan untuk kalian berdasarkan ilmu Allah. Dan dijadikan sebagai tempat tinggal mereka ketika mereka masih taat kepada-Nya. Dan ketika mereka rusak, Allah mengeluarkan mereka.

وَلَا تَرْتَدُّوا۟ عَلَىٰٓ أَدْبَارِكُمْ (dan janganlah kamu lari kebelakang)

Yakni janganlah kalian meninggalkan perintah-Ku dan ketaatan kepada-Ku serta apa yang Aku wajibkan atas kalian berupa peperangan melawan orang-orang yang perkasa karena takut dan lemah.

فَتَنقَلِبُوا۟ خٰسِرِينَ (maka kamu menjadi orang-orang yang merugi)

Yakni rugi atas kebaikan dunia dan akhirat.

 

Tafsir Kementerian Agama RI, Lihat halaman berikut>>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement