Senin 16 Oct 2023 20:45 WIB

Doa untuk Mendapat Perlindungan dari Rasa Iri Dengki

Iri maupun dengki bisa merusak hubungan sosial.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Rasa iri, hasad maupun dengki sering timbul ketika seseorang merasa cemburu atau tidak senang dengan keberhasilan, prestasi, atau kebahagiaan orang lain. Sifat ini seringkali muncul karena perasaan kurangnya sesuatu yang dimiliki oleh orang yang merasa iri.

Iri maupun dengki bisa merusak hubungan sosial dengan orang lain jika tidak dikelola dengan baik. Dalam Islam, ada cara agar seorang Muslim terhindar dan terlindungi dari segala macam bentuk iri, hasad maupun dengki.

Baca Juga

Anggota Komite Tinggi untuk Dakwah Islam Mesir, Syekh Dr Ramadhan Abdul Razak, menjelaskan cara menjaga diri dari rasa iri, hasad maupun dengki. Caranya bisa dengan membaca Surat Al Fatihah, Ayat Kursi, akhir Surah Al-Baqarah, Surah Al-Ikhlas 3 kali, Surah Al-Falaq 3 kali, dan Surah An-Naas 3 kali.

Selain itu, Abdul Razak juga mengajarkan tentang cara seorang Muslim agar terjaga dari perasaan iri dan dengki. Dia mengajarkan doa untuk memohon perlindungan dari iri, hasad dan dengki. Berikut doanya:

 

بسم الله أرقيك، والله يشفيك من كل داء يؤذيك، ومن كل نفس أو عين حاسد الله يشفيك، بسم الله ارقيك بسم الله يبريك من كل داء يشفيك، ومن شر حاسد إذا حسد، ومن شر كل ذي عين، اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

"Bismillahi urqiika, wallahu yusyfiika min kulli da-in yu'dziika wa min kulli nafsin aw 'ainin haasidin, Allah yusyfika. Bismillahi urqiika, bismillah yubrika min kulli da-in yusyfika, wa min syarri haasidin idza hasad, wa min syarri kulli dzii 'ainin. Allahu Robban-naasi adz-hibil ba'sa isyfihi wa anta asy-syaafi laa syifaa illa syifaa-uka syifaa-an laa yughodir saq-man"

Artinya: "Dengan nama Allah, aku meruqyahmu, dan Allah akan menyembuhkanmu dari segala dari segala sesuatu yang menyakitkanmu, dari setiap jiwa atau mata yang hasad. Allah yang menyembuhkanmu. Dengan nama Allah, aku meruqyahmu. Dengan nama Allah yang menyembuhkanmu dan menjagamu, dari segala penyakit, dari segala kejahatan orang yang dengki ketika ia dengki, dan dari kejahatan orang yang matanya hasad. Ya Allah Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah penyakit yang ada, Engkaulah yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

sumber : Masrawy
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement