Ahad 15 Oct 2023 23:20 WIB

Doa Agar Hati Selalu Benar dan Jujur yang Disarikan dari Alquran

Doa membuat hati mendapatkan petunjuk dari Allah SWT

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Doa membuat hati mendapatkan petunjuk dari Allah SWT
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi). Doa membuat hati mendapatkan petunjuk dari Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sebagai umat Islam, penting kiranya untuk membaca doa-doa harian. Sebab doa merupakan 'senjata' bagi orang yang beriman. Dengan berdoa dalam waktu susah maupun senang, Allah SWT akan senantiasa memudahkan segala perkara yang hamba-Nya lalui. 

Dalam buku Doa Harian terbitan Pondok Pesantren Darul Hikmah Surabaya disebutkan sejumlah bacaan doa harian. Salah satunya adalah doa memohon agar hati selalu benar dan jujur. Berikut lafaz doanya yang disarikan dari surat Ali Imran ayat 8: 

Baca Juga

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

"Robbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wa hablana minladunka rahmatan innaka antal-wahab."

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, janganlah menyesatkan hati kami sesudah Engkau memberi petunjuk, dan berilah kami rahmat dari hadapan-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi."

photo
Berdoa (Ilustrasi) - (Republika)

Senjata orang beriman

Doa adalah senjatanya orang beriman. Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah, mohonlah kepada Allah SWT agar keinginan terpenuhi.  Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al-Mu'min ayat 60, Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Baca juga: Ini Rahasia Mengapa Huruf Alif dalam Alquran Bentuknya Tegak Lurus

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah SWT. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah SWT. Dalam surat al-Ahqaf ayat 5, Allah berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئِهِمْ غَٰففِلُون 

Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?”   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement