Ahad 15 Oct 2023 22:32 WIB

Doa Agar Diberi Rezeki Melimpah yang Terdapat dalam Alquran

Rezeki merupakan salah satu rahasia yang hanya diketahui Allah SWT

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi. Rezeki merupakan salah satu rahasia yang hanya diketahui Allah SWT
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdoa. Ilustrasi. Rezeki merupakan salah satu rahasia yang hanya diketahui Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Dalam Alquran, terdapat banyak doa yang dapat digunakan untuk meminta rezeki yang melimpah. 

Salah satu doa yang sering diucapkan untuk tujuan ini adalah doa yang terdapat dalam surat Al-Maidah ayat 114. Berikut doanya:

Baca Juga

اللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allahumma Robbanaa anzil ‘alainaa ma‐idatan minas samaa‐i takunu lanaa ‘idan lii awwalinaa wa akhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqin

 

 “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS Al-Maidah [5]: 114)

Doa tersebut merupakan doa Nabi Isa ketika ditantang oleh para pengikutnya yang menginginkan bukti konkret atas kemukjizatan yang dimiliki oleh seorang rasul. 

Umat Islam yang mendambakan limpahan rezeki dapat memperbanyak membaca doa ini dalam setiap kesempatan.

Selain itu, umat Islam juga bisa memanjatkan doa pribadi kepada Allah SWT dengan tulus dan ikhlas, meminta rezeki yang baik, berkah, dan melimpah. 

Ketika berdoa, ingatlah untuk merendahkan hati dan berharap pada Allah SWT semata, serta untuk bersyukur atas segala rezeki yang telah diberikan.

Selalu ingat bahwa doa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan Allah Mahamengetahui apa yang terbaik untuk kita. 

Jadi, selain berdoa, jangan lupa untuk bekerja keras, jujur, dan ikhlas dalam mencari rezeki, serta berbuat baik kepada sesama manusia.

photo
Berdoa (Ilustrasi) - (Republika)

Senjata orang beriman

Doa adalah senjatanya orang beriman. Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah, mohonlah kepada Allah SWT agar keinginan terpenuhi.  Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al-Mu'min ayat 60, Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Baca juga: Ini Rahasia Mengapa Huruf Alif dalam Alquran Bentuknya Tegak Lurus

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah SWT. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah SWT. Dalam surat al-Ahqaf ayat 5, Allah berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئِهِمْ غَٰففِلُون 

Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?”   

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement