Rabu 11 Oct 2023 14:01 WIB

Doa yang Dibaca Saat Mayat Telah Dikubur

Setan pun masih berupaya menyesatkan manusia ketika ditanya malaikat di dalam kubur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Peziarah memadati TPU (Tempat Pemakaman Umum) Cikutra, Kota Bandung, Ahad (23/4/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Peziarah memadati TPU (Tempat Pemakaman Umum) Cikutra, Kota Bandung, Ahad (23/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat jenazah telah selesai dikuburkan, maka bagi orang-orang yang turut serta mengantarkan jenazah hingga ke kuburan dianjurkan tidak langsung pulang. Melainkan terlebih dulu mendoakan orang yang meninggal itu di samping kuburannya. 

 

Baca Juga

Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah menukil keterangan Al Ajiri Abu Bakar Muhammad bin Husain dalam kitab An Nasihah yang menjelaskan suatu kebaikan berhenti sebentar setelah mayat dikuburkan dan berdoa di samping kuburnya agar mayat diberi keteguhan iman. Al Ajiri mengajarkan doanya sebagai berikut.

اللَّهُمَّ هَذَا عَبْدُكَ وَأَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا وَلَا نَعْلَمُ مِنْهُ إِلَّا خَيْرًا وَقَدْ أَجْلَسْتَهُ لِتَسْأَلَهُ ، اللَّهُمَّ فَثَبِّتْهُ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْآخِرَةِ كَمَا ثَبَّتَهُ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ ، وَالْحِقْهُ بِنَبِيِّهِ مُحَمَّدٍ ﷺ وَلَا تُضِلُّنَا بَعْدَهُ وَلَا تُحْرِمْنَا أَجْرَهُ.

 

 

Allahumma hadza 'abduka wa anta a'lamu bihi Minna wala na'lamu minum Illa Khoiron waqod ajlastahu litasaluhu, allahumma fatsabithu bilqouli Tsabit fil aakhiroti kama tabbatahu bilqouli Tsabit fiyl hayatid dunnya, Allahummarhamhu, walhiqhu binabiyyihi Muhammad SAW wala tudhlluna ba'sahu wala tuhrimna ajrohu. 

 

Artinya: Ya Allah ini adalah hamba-Mu dan Engkau lebih mengetahui tentangnya daripada kami, dan tidaklah kami mengetahui tentangnya kecuali hanya kebaikannya dan Engaku telah menempatkannya untuk Engkau tanya dia. Ya Allah, maka tetapkanlah dia dengan perkataan yang tetap (la Ilaha Illallahu) di akhirat sebagaimana telah Engkau tetapkan perkataan itu ketika dia hidup di dunia. Ya Allah rahmatilah dia, dan hubungkanlah dia dengan nabi Muhammad SAW dan jangan Engkau sesatkan dia sesudahnya dan jangan Engkau halangi pahalanya. (Lihat kitab At Tadzkirah yang diterbitkan Maktabah Darul Minhaj halaman 335)

 

Imam Qurthubi juga menukil keterangan Imam at Tirmidzi yang menjelaskan bahwa berhenti di dekat kuburan dan mendoakan keteguhan iman bagi orang yang meninggal sangat membantu mayat dalam alam kubur. At Tirmidzi menjelaskan sholat jenazah yang dilakukan umat Muslim dan doa yang dipanjatkan ketika mayat telah kuburkan akan membantu atau menjadi penolong bagi mayat. Karena saat mayat masuk ke dalam kubur dia menghadapi ketakutan yang dahsyat yakni pertanyaan dan ujian malaikat di dalam kubur. 

 

Pada sisi lain, telah diterangkan sebelumnya bahwa setan pun masih berupaya menyesatkan manusia ketika ditanya malaikat di dalam kubur. Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa setan pun masih berupaya menyesatkan manusia saat di dalam kubur yakni ketika manusia ditanya tentang siapa Tuhannya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement