Rabu 04 Oct 2023 07:29 WIB

Halangi Pandangan Jin Ketika Masuk Toilet dengan Berdoa, Ini Bacaannya

Dalam sejumlah riwayat disebutkan jin sangat menyukai toilet.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Kamar mandi (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kamar mandi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sejumlah riwayat disebutkan bahwa toilet adalah tempat yang paling disukai oleh jin. Bahkan, menjadi tempat tinggal jin.

Namun, pandangan jin akan terhalangi sehingga tidak bisa melihat manusia yang masuk ke dalam kamar mandi atau toilet manakala orang tersebut melafalkan basmalah.

Baca Juga

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِيُّ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ بَشِيرِ بْنِ سَلْمَانَ حَدَّثَنَا خَلَّادٌ الصَّفَّارُ عَنْ الْحَكَمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ النَّصْرِيِّ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمْ الْخَلَاءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Humaid Ar Razi telah menceritakan kepada kami Al Hakam bin Basyir bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami Khallad As Shafar dari Al Hakam bin Abdullah An Nashri dari Abu Ishaq dari Abu Juhaifah dari Ali bin Abu Thalib radhiallahu'anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Penghalang antara pandangan mata jin dan aurat bani Adam ketika salah seorang kalian masuk ke toilet ialah dia membaca Bismillah." (HR. Tirmidzi).

Karena itu pentingnya membiasakan doa ketika akan masuk toilet. Rasulullah SAW telah mengajarkan satu doa yang dapat diamalkan setiap Muslim ketika akan masuk toilet.

Banyak orang menghafalnya sejak masih anak-anak, akan tetapi banyak orang yang lupa ketika telah dewasa karena tidak pernah mengamalkannya. Atau bahkan sama sekali tidak mengetahui doa tersebut, padahal doa ketika masuk toilet sangat penting.

Berikut doa sebelum masuk toilet sebagaimana diajarkan Rasulullah seperti dapat ditemukan redaksi lengkapnya dalam kitab hadis Sunan Nasai nomor 19.

Doa masuk toilet

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan setan laki-laki dan setan perempuan,".

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement