Selasa 03 Oct 2023 06:51 WIB

Meski Terdiri Atas 7 Ayat, Selain Pembuka Ini Alasan Al-Fatihah Jadi Inti Alquran

Surat Al-Fatihah memuat inti dari kandungan Alquran

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah memuat inti dari kandungan Alquran
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah memuat inti dari kandungan Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Alquran diturunkan Allah SWT dengan tujuan-tujuan (Maqashid Alquran). Para ulama beragam menjelaskan tentang tujuan-tujuan Alquran (secara umum). 

Hujjatul Islam Zainuddin Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Ahmad at-Thusiy al-Ghazali, as-Syafi'i atau dikenal dengan sebutan Imam al-Ghazali mengatakan  dalam kitab Khawash Aquran bahwa tujuan-tujuan Alquran itu ada enam.

Baca Juga

Dari enam itu tiga yang berisi penjelasan inti dan tiga yang berisi pelengkap atau penyempurna. Apa saja?  

Yaitu penjelasan tentang Allah SWTT, penjelasan tentang jalan yang lurus, penjelasan tentang akhirat. Lalu tiga lainnya adalah gambaran umat yang taat, gambaran umat yang menentang, dan penjelasan mengajarkan jalan menuju Allah SWT.  

 

الأول: تعريف المدعو إليه، كما أشير إليه بصدرها . وتعريف الصراط المستقيم، وقد صرح به فيها . وتعريف الحال عند الرجوع إليه تعالى، وهو الآخرة، كما أشير . إليه بقوله: {مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ}

 . والأخرى: تعريف أحوال المطيعين، كما أشار إليه بقوله: {الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ} . حكاية أقوال الجاحدين، وقد أشير إليها بـ: {الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ} و {الضَّالِّينَ} . وتعريف منازل الطريق، كما أشير إليه بقوله: {إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ}.

Artinya: “Pertama, penjelasan tentang menyeru kepadaNya seperti isyarat mengenalkan menuju Allah, dan penjelasan tentang jalan yang lurus, yang telah dijelaskan di dalamnya. Dan menjelaskan tentang keadaan ketika kembali kepada Allah ta'ala yaitu akhirat seperti dalam isyarat maliki yaumid diiyn. Dan yang lainnya, penjelasan tentang gambaran orang-orang taat seperti dalam firman-Nya: al-ladzina an'amta alaihim. Dan hikayat perkataan orang-orang yang ingkar seperti tandanya dalam firman-Nya: maghdhubi 'alaihim waladholin. Dan penjelasan tentang tahapan menempuh perjalanan menuju Allah seperti dalam firman-Nya: iyya kana'budu waiyya kanas ta'iyn.”  (Lihat Asraru Tartib al-Qur'an karya Imam Jalaluddin Asy Suyuthi, penerbit Darul Fadhilah, halaman 51-52 atau bisa juga lihat di laman https://shamela.ws/book/9992/49#p1  ). 

Baca juga: Temuan Peneliti Amerika Serikat dan NASA Ini Buktikan Kebenaran Alquran tentang Kaum Ad

 

Para ulama lainnya seperti Izuddin bin Abdus Salam menyebut bahwa inti dari tujuan Alquran adalah segala perintah Allah yang mengusahakan segala kemaslahatan manusia dan sebab-sebab yang mengantarkan kepada kemaslahatan serta larangan  yang mengusahakan mencegah segala kerusakan-kerusakan dan sebab-sebabnya. 

Sementara al-Razi menjelaskan tujuan Alquran adalah tauhid, hukum-hukum syariah dan keadaan hari akhir.  

Dan dari banyaknya ayat-ayat Alquran itu, terangkum dalam satu surat yakni surat al-Fatihah.  

قال الحسن البصري: إن الله أودع علوم الكتاب السابقة في القرآن، ثم أودع علوم القرآن في المفصل، ثم أودع علوم المفصل في الفاتحة، فمن علم تفسيرها كان كمن علم تفسير جميع الكتب المنزلة "أخرجه البيهقي في شعب الإيمان"

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement