Jumat 29 Sep 2023 09:12 WIB

Khutbah Jumat: Rabiul Awal Bulan Tasyakur Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW banyak dirayakan umat Islam

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Maulid Nabi Muhammad SAW banyak dirayakan umat Islam
Foto:

Maka kita harus totalitas menjadikan Rasulullah SAW sebagai panutan dan suri teladan dalam segala aspek, baik dalam aspek individu, keluarga maupun negara, kecuali tentu saja hal-hal yang menjadi kekhususan bagi beliau saja (khawash ar-rasul) sebagaimana diterangkan oleh para ulama ushul. 

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah

Salah satu aspek teladan Rasulullah SAW yang saat ini penting untuk diaktualisasikan adalah teladan kepemimpinan. Rasulullah SAW bukan hanya pemimpin spiritual (za'im ruhi) tetapi juga pemimpin politik (za'im siyasi). Dalam konteks saat ini , beliau dapat disebut sebagai pemimpin negara (ra'is ad adalah). Allah SWT berfirman: 

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ Artinya, "Dan Kami tidak mengutus seseorang rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah." (QS an-Nisa ayat 64).

Rasulullah SAW juga memberikan teladan bagaimana menjalankan sistem pemerintahan Islam. Beliau membentuk struktur negara. Beliau menunjuk dan mengangkat para penguasa baik mu'awim maupun Amil.

Baca juga: Temuan Peneliti Amerika Serikat dan NASA Ini Buktikan Kebenaran Alquran tentang Kaum Ad

Beliau menunjuk dan mengangkat para panglima dan komandan pasukan. Beliau menunjuk kepolisian dan mengangkat kepala polisinya. Beliau mengangkat Qadhi (hakim) untuk berbagai wilayah.

Beliau juga mengangkat para pegawai administratif yang disebut katib untuk berbagai urusan. Semua itu  merupakan penjelasan atas kewajiban menerapkan hukum-hukum Islam.

بَارَكَ اللَّهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيهِ مِنَ الْآيَاتِ وَذِكَرَ الْحَكِيمَ وَتَقَبَّلْ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ . أَقُولُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورَالرَّحِيمُ

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement