Kamis 28 Sep 2023 16:14 WIB

Tuduhan Gila Teori Alien Luar Angkasa, Misi Viking 1976, dan Isyarat Alquran

Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Foto planet Mars yang diambil dari Mars Reconnaissance Orbiter NASA. Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi
Foto:

Ilmuwan tersebut menyerukan misi baru ke Mars yang terutama didedikasikan untuk menemukan kehidupan dan menguji hipotesis ini. 

"Potensi habitat di Mars, seperti dataran tinggi selatan, harus dieksplorasi, di mana kehidupan dapat berlanjut di bebatuan asin di dekat permukaan. Saya tidak sabar menunggu misi seperti itu dimulai," kata Schulz-Makuch. 

Sementara itu, beberapa ayat dalam Alquran membenarkan adanya sejumlah planet yang didasari tujuh bumi. Tujuh bumi ini dilandaskan pada Surat at-Talaq ayat 12 sebagaimana berikut:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَننَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا 

"Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu." Kemudian juga Surat az-Zumar ayat 67, Allah SWT berfirman:

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ ۚ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

"Dan mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Mahasuci Dia dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (QS Az-Zumar ayat 67)

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

Sahabat Nabi Muhammad SAW, Abdullah bin Abbas RA, pernah ditanya tentang tafsir Surat at-Talaq ayat 12 itu.

"Itu adalah tujuh bumi (tanah/daratan), di setiap bumi ada nabi seperti nabi kalian, Adam seperti Adam, Ibrahim seperti Ibrahim, Nuh seperti Nuh, dan Isa seperti Isa," demikian penjelasan Ibnu Abbas RA. 

Ayat Alquran yang menunjukkan kemungkinan manusia bertemu dengan makhluk asing luar angkasa di masa depan. Allah SWT berfirman: 

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui." (QS Ar Rum ayat 22)

 

 

Sumber: arabicpost, alarabiya  

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement