Rabu 27 Sep 2023 12:17 WIB

Tiga Ayat Alquran yang Menganjurkan Bersedekah

Ayat Alquran tentang sedekah menganjurkan orang untuk dermawan.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi santri ngaji ayat Alquran tentang sedekah.
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Ilustrasi santri ngaji ayat Alquran tentang sedekah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam Islam, sedekah merupakan perbuatan sunnah yang apabila dilakukan akan mendapatkan balasan berupa pahala. Menurut ajaran Islam, sedekah tidak sebatas pemberian yang bersifat materil kepada mereka yang berhak.

Sedekah bisa dilakukan dengan semua perbuatan baik yang diberikan dengan ikhlas, baik bersifat fisik maupun nonfisik. Misalnya saja, ketika kita tertimpa musibah, tapi tetangga kita bukanlah orang berada. Tetapi, dengan ikhlas mereka membantu kita, mereka meluangkan waktu dan tenaganya untuk menolong kita. Perbuatan itu pun dapat bernilai ibadah. 

Baca Juga

Dengan kata lain, menolong orang selama itu dalam hal kebaikan, tetap bisa disebut sebagai sedekah. Karena sedekah tidak melulu dalam bentuk harta, tetapi waktu, tenaga, dan pengetahuan juga bisa menjadi sedekah kita.

Dikutip dari buku Syajaratul Ma’arif karya Syaikh Al-Izz bib Abdus Salam, ada tiga ayat Alquran yang menganjurkan tentang sedekah.

Allah berfiman: 

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung." (Ali Imran: 104).

إِنَّهُۥ كَانَ لَا يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ ٱلْعَظِيمِ وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ

"Sesungguhnya dia dahulu tidak beriman kepada Allah Yang Maha Besar. Dan juga dia tidak mendorong (orang lain) untuk memberi makan orang miskin" (QS al-Haaqah: 33-34).

كَلَّا ۖ بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيمَ وَلَا تَحَاضُّونَ عَلَىٰ طَعَامِ الْمِسْكِينِ

"Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim, dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin.” (Al-Fajr: 17-18)

Rasulullah saw berkhutbah pada hari Raya kemudian dia memberi nasehat dan mengingatkan dan memerintahkan agar bertakwa kepada Allah. Setelah itu, beliau datang menemui kalangan perempuan lalu memberi nasehat dan mengingatkan mereka dengan sabdanya, "Hendaknya kalian bersedekah karena sesungguhnya kebanyakan dari kalian akan menjadi bahan bakar api neraka" (HR Muslim 88 dari Jabir).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement