Selasa 26 Sep 2023 22:27 WIB

Hukum Melaksanakan Sholat Sunnah Fajar, Bolehkah Setelah Sholat Subuh?

Adapun keutamaan sholat sunnah fajar dua rakaat dijelaskan dalam hadits.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Waktu Subuh (ilustrasi)
Foto: Antara/ Feny Selly
Waktu Subuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mufti Mesir Syekh Dr Syauqi Alam menyampaikan penjelasan tentang hukum melaksanakan sholat sunnah fajar dua rakaat. Hal ini disampaikan untuk menjawab pertanyaan yang masuk.

Penanya mengungkapkan bahwa dia masuk masjid untuk melaksanakan sholat Subuh dan di dalam masjid jamaah sudah melaksanakan sholat Subuh sehingga dirinya tidak bisa melaksanakan sholat sunnah fajar dua rakaat.

Baca Juga

Dalam kondisi demikian, apakah boleh melaksanakan terlebih dulu sholat sunnah fajar dua rakaat lalu barulah melaksanakan sholat Subuh? Jika tidak, apakah boleh mengerjakan sholat sunnah fajar dua rakaat setelah menunaikan sholat Subuh?

Syekh Syauqi Alam menyampaikan, kaidah dasarnya adalah sholat sunnah fajar dua rakaat dilaksanakan sebelum sholat wajib. Maka, ketika seseorang masuk masjid dan jamaah telah melaksanakan sholat wajib, maka hendaknya dia mengikuti imamnya dan tidak menyibukkan diri dengan sholat sunnah pada waktu itu.

Setelah melaksanakan sholat Subuh tersebut, maka boleh melaksanakan sholat sunnah fajar dua rakaat. "Tidak ada masalah bila sholatnya (sholat sunnah fajar dua rakaat) dilakukan nanti setelah sholat wajib," demikian penjelasan Syekh Syauqi Alam, dilansir Masrawy.

Adapun dalam keadaan seseorang ketiduran dan baru bangun setelah matahari terbit, maka hendaknya dia mengerjakan sholat sunnah fajar dua rakaat lalu dilanjutkan dengan sholat wajibnya, yakni sholat Subuh. "Hal ini tidak apa-apa," tuturnya.

Adapun keutamaan sholat sunnah fajar dua rakaat dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda:

- ركعتا الفجرِ خيرٌ من الدُّنيا وما فيها

"Dua rakaat (sebelum) fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya" (HR Muslim).

Adapun waktu pelaksanaan sholat sunnah fajar dua rakaat yaitu antara adzan dan iqamat sholat Subuh. Dasarnya ialah hadits dari Aisyah RA yang berkata, "Biasanya Nabi SAW senantiasa mengerjakan sholat ringkas dua rakaat antara adzan dan iqamat Subuh" (HR Muslim). Sholat ringkas dua rakaat antara adzan dan iqamat yang dimaksud adalah sholat sunah fajar atau sholat qabliyah Subuh.

Terkait bacaan dalam sholat sunnah fajar dua rakaat, dijelaskan dalam riwayat Abu Hurairah RA. Abu Hurairah berkata, "Biasanya dalam sholat sunnah fajar dua rakaat, Rasulullah SAW pada rakaat pertama membaca “Qul ya ayyuhal kafirun” dan pada rakaat kedua membaca “Qul huwallahu Ahad” (HR Muslim).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement