Selasa 26 Sep 2023 19:06 WIB

Ceramah KH Anang Rikza: Kesenangan Setan Melihat Orang Masuk Rumah tak Berdoa

Setan akan terus menggoda manusia sampai anak Adam tersesat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
KH Anang Rikza Masyhadi
Foto:

Setan beserta kawannya memiliki tempat menginap dan makan di rumah orang yang tak membaca basmalah dan doa ketika masuk rumah. Sebaliknya setan berputus asa bila mendapati orang masuk rumah dengan membaca doa, sebab berarti mereka tak punya tempat untuk menginap dan makan. 

"Jadi biasakan kalau masuk rumah baca basmallah, karena itu akan menjadi penutup, perisai setan ngga bisa masuk. Kalau ngga baca basmalah, nanti setan masuk bergerombol, tidur di tempat tidur kita, itulah kenapa kita sering mimpi buruk dan bangunnya susah, karena di rumah kita penuh dengan setan itu," kata kiai Anang Rikza.

Bahkan menurut kiai Anang Rikza ketika seseorang makan tapi tidak membaca basmalah dan doa, maka setan akan ikut makan sehingga hilanglah keberkahannya bahkan setan akan membuang kotoran di makanan itu sehingga makanan itu menjadi penyakit bagi manusia yang memakannya. Namun orang yang membaca doa ketika akan makan membuat setan terhijab dan tak dapat menjangkau makanan yang dimakan manusia. 

Tak hanya untuk dua aktivitas itu, bahkan kiai Anang Rikza mengatakan bahwa seyogianya Muslim ketika hendak membuka baju atau sebelum mandi hendaknya membaca doa terlebih dahulu sehingga setan terhijab dan tak dapat melihat aurat seorang Muslim. 

Begitupun saat akan tidur, kiai Anang Rikza mengatakan sunah bagi seorang Muslim untuk mengkibas-kibaskan atau menyapu tempat tidur terlebih dulu sambil membaca basmalah dan doa. Sebab dengan begitu setan akan lari dan tidak akan tidur di tempat tidur tersebut. Sebaliknya orang yang yang tidak membaca doa sebelum tidur, maka orang tersebut tidak akan memperoleh keberkahan malah justru akan bermimpi buruk.

Membersihkan tempat tidur sebelum tidur diajarkan Rasulullah SAW. Bahkan hendaknya seorang Muslim ketika membersihkan tempat tidurnya terlebih dulu membaca doa. Berikut doa ketika merapikan tempat tidur : 

بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Bismika rabbi wa dho'tu janbiy wa bika arba'uhu in amsakta nafsiy farhamhaa wa in arsaltahaa faah fadzhaa bimaa tah fadzhu bihi 'ibadakas sholihiin

Dengan namaMu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku dan atas nama-Mu aku mengangkatnya, dan jika Engkau menahan diriku, maka rahmatilah daku, dan jika Engkau melepaskannya, maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga hamba-Mu yang shalih.

Doa ini dikutip dari hadits nabi Muhammad SAW yang dapat ditemukan pada kitab sahih Bukhari nomor 6320 versi fathul bari atau nomor 5845 versi al Alamiyah. Berikut redaksi lengkap haditsnya. 

بَاب حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ ثُمَّ يَقُولُ بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ تَابَعَهُ أَبُو ضَمْرَةَ وَإِسْمَاعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّاءَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ وَقَالَ يَحْيَى وَبِشْرٌ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَابْنُ عَجْلَانَ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus telah menceritakan kepada kami Zuhair telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin Umar telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Abu Sa'id Al Maqburi dari Ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata, Nabi SAW bersabda, "Apabila seseorang dari kalian hendak tidur, maka hendaklah ia mengibaskan di atas tempat tidurnya dengan kain sarungnya, karena ia tidak tahu apa yang terdapat di atas kasurnya. Lalu mengucapkan doa:

بسمك ربي وضعت جنبي و بك اربعه ان امسكت نفسي فارحمها و ان ارسلتها فاحفظها بما تحفظ به عبادك الصالحين

Bismika rabbi wa dho'tu janbiy wa bika arba'uhu in amsakta nafsiy farhamhaa wa in arsaltahaa faah fadzhaa bimaa tahfadzhu bihi 'ibadakas sholihiin

 

Dan hadits ini juga diperkuat oleh Abu Dlamrah dan Isma'il bin Zakariya dari 'Ubaidullah. Yahya dan Bisyr mengatakan, dari 'Ubaidullah dari Sa'id dari Abu Hurairah dari Nabi SAW. Dan diriwayatkan pula oleh Malik dan Ibnu 'Ajlan dari Sa'id dari Abu Hurairah dari Nabi SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement