Selasa 26 Sep 2023 18:56 WIB

Perlakuan Kubur pada Jasad Orang Saleh

Jasad orang saleh di alam kubur dijaga Allah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kuburan.
Foto:

كَذَٰلِكَ يَجْزِي اللَّهُ الْمُتَّقِينَ- الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

”Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang yang bertakwa. (yaitu) orang yang ketika diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan baik, mereka (para malaikat) mengatakan (kepada mereka), “Salamun ‘alaikum, masuklah ke dalam surga karena apa yang telah kamu kerjakan.” (Alquran surat An Nahl ayat 31-32). 

ابن المبارك قال أخبرنا حيوة قال أخبرني أبو صخر عن محمد بن كعب القرظي قال: إذا استنقعت نفس العبد المؤمن جاءه ملك الموت فقال: السلام عليك يا ولي الله ، الله يقرأ عليك السلام، ثم نزع بهذه الآية: ٱلَّذِينَ تَتَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمُ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

(النحل:٣٢).

Diriwayatkan dari Ibnu Mubarak, dia berkata: telah mengabarkan pada kami Haiwah, dia berkata: mengabarkan padaku Abu Shakra dari Muhammad bin Ka'ab Al Qurdhzi, dia berkata: Apabila seorang mukmin akan meninggal dunia maka malaikat maut akan mendatanginya sambil berkata: Assalamu Alaika yaa waliyallah, Allahu yaqrou 'alaikassalama (Keselamatan atasmu wahai kekasih Allah, Allah memberikan salam padamu).  

Kemudian malaikat maut membacakan ayat: Allazina tatawaffahumul-mala'ikatu tayyibina yaquluna salamun 'alaikumudkhulul-jannata bimq kuntum ta'malun ( orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan"). (An Nahl ayat 32). 

Dalam riwayat lainnya disebutkan: 

وقال ابن مسعود رضي الله عنه : إذا جاء ملك الموت لقبض روح المؤمن قال: ربك يقريك السلام 

Artinya: Ibnu Mas'ud berkata: apabila malaikat maut datang untuk mencabut nyawa seorang mukmin, maka dia akan berkata kepada mukmin itu Tuhanmu mengucapkan salam untukmu.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement