Selasa 26 Sep 2023 14:29 WIB

Mengapa Surat Al-Fatihah Dijadikan Pembuka Alquran? Ini Rahasianya Menurut Ulama    

Suratt Al-Fatihah mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah mempunyai sejumlah keutamaan
Foto:

Imam Fakhruddin bahkan menjelaskan tentang beberapa hal yang menjadi tujuan kandungan Alquran. Salah satunya yakni tentang:  

و قال الإمام فخر الدين: المقصود من القرآن كله تقرير أمور أربعة: الإلهيات، والمعاد، والنبوات، وإثبات القضاء والقدر، فقوله: {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين} يدل على الإلهيات، وقوله: {مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ} يدل على نفي الجبر، وعلى إثبات أن الكل بقضاء الله وقدره، وقوله: {اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ} إلى آخر السورة يدل على إثبات قضاء الله، وعلى النبوات، فقد اشتملت هذه السورة على المطالب الأربعة، التي هي المقصد الأعظم من القرآن 

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Artinya: “Dan Imam Fakhruddin berkata, “Maksud dari seluruh isi Alquran itu menerangkan empat perkara: yaitu tentang ketuhanan, kebangkitan, nubuat, qada dan qadar. Allah berfirman Allah: Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Ayat ini menunjukkan atas ayat ilahiyah. Dan firman Allah : Maliki yaumiddin. Ini menunjukan atas peniadaan atau penolakan penguasa lain selain Allah, dan atas keputusan segala sesuatu adalah sesuai qada dan kuasa Allah. Firman Allah : Ihdinas shirotol Mustaqim. Pada akhir surat Al-Fatihah, ini menunjukkan keputusan qada Allah dan atas nubuat. Maka surat Al-Fatihah ini mengandung empat hal yang itu menjadi maksud besar dari Alquran.” (Asraru Tartib Alquran, 50).

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

 

Sementara itu Imam Baidhawi menambahkan bahwa dalam Alquran juga mencakup persoalan hukum-hukum.  

وقال البيضاوي: هي مشتملة على الحِكَم النظرية، والأحكام العملية، التي هي سلوك الصراط المستقيم، والاطلاع على مراتب السعداء، ومنازل الأشقياء

 

Artinya: “Imam Baidhawi berkata, “(Al-Fatihah) itu mencakup juga atas teori hukum-hukum, dan penerapan hukum-hukum yang berjalan di jalan yang lurus, serta memperlihatkan orang-orang yang bahagia dan kedudukan orang-orang yang sengsara.” (Asraru Tartib Alquran, 50). Wallahu'alam.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement