Senin 25 Sep 2023 18:44 WIB

Ayat Alquran dan Hadits yang Dipidatokan Pemimpin Barat

Ayat Alquran dan hadits sering dikutip nonmuslim.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengenakan hijab
Foto:

3. QS Ali Imran 103

وَٱعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ ٱللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ ۚ وَٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِۦٓ إِخْوَٰنًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱٱللَّهُ لَكُمْ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Wa'tashimuu bihablillaahi jamii'aw wa laa tafarraquu wadzkuruu ni'matallaahi 'alaikum idz kuntum a'daa`an fa allafa baina quluubikum fa ashbahtum bini'matihii ikhwaanaa, wa kuntum 'alaa syafaa hufratim minan-naari fa angqadzakum min-haa, kadzaalika yubayyinullaahu lakum aayaatihii la'allakum tahtaduun.

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. 

Ayat ini lagi-lagi dikutip Presiden Rusia Vladimir Putin di depan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani di Ankara pada 16 September 2019. Putin mengutip Surat Ali Imran ayat 103 dalam rangka menyerukan perdamaian di Yaman yang dilanda perang sejak 2015. 

5. Hadits tentang orang beriman

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

Orang beriman dengan orang beriman lainnya itu seperti satu bangunan yang saling menguatkan.

photo
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern - (AP Photo/Mark Baker)

Hadits ini dikutip Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dalam pidatonya saat upacara peringatan bagi para korban serangan teror di Masjid alNoor Christchurch. Bahkan dia sempat mengenakan kerudung sebagai bentuk empati kepada umat Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement