Senin 25 Sep 2023 17:08 WIB

Dalil Membaca Ta'awudz Sebelum Baca Alquran

Ta'awudz adalah untuk mengusir was-was.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah santri punk belajar mengaji di Pondok Tasawuf Underground, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten (7/4/2023). Pada bulan suci Ramadan kali ini Pondok Tasawuf Underground mengadakan kegiatan pesantren kilat yang melibatkan sejumlah anak punk maupun anak jalanan dengan kegiatan berupa pengajian, tausiyah, zikir, shalat dan hidroterapi (Inabah Suryalaya).
Foto:

Dan ketika telah membaca atau mengkhatamkan Alquran baik secara langsung membaca mushaf (bin nadhar) ataupun hafalan (bil ghaib) dianjurkan untuk berdoa. Sebab doa yang dibaca setelah membaca Alquran sangat berpeluang diijabah Allah SWT. Karena menurut Imam ad Darimi, sebanyak empat ribu malaikat mengaminkan orang-orang yang berdoa setelah membaca Alquran. 

Diantara ulama yang begitu menekankan untuk berdoa setelah membaca Alquran adalah Imam an Nawawi. Dalam kitab at Tibyan fi Adab Hamalatil Quran, Imam an Nawawi menganjurkan untuk bersungguh-sungguh berdoa setelah baca Alquran. Menurut Imam an Nawawi dalam doa setelah membaca Alqurn setidaknya isinya juga mengandung doa untuk kebaikan kaum Muslimin dan para pemimpin Muslim.

وينبغي أن يلحّ في الدعاء وأن يدعو بالأمور المهمة وأن يكثر في ذلك في صلاح المسلمين وصلاح سلطانهم وسائر ولاة أمورهم 

“Hendaklah dia bersungguh-sungguh dalam bedoa dan mendoakan hal-hal yang penting serta memperbanyak doa untuk kebaikan kaum muslimin dan para pemimpin mereka.” 

Dan ada banyak versi doa khatam Alquran. Berikut doa khatam Alquran atau setelah membaca Alquran yang paling populer di tengah umat Muslim di Indonesia.

Doa khatam Alquran

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

 

Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement