Senin 25 Sep 2023 11:16 WIB

Madu Terbukti Kaya Manfaat Menurut Medis, Ini Ayat dan Hadits yang Sebut Keistimewaannya

Lebah dan madu mempunyai sejumlah keistimewaan dan khasiat

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
(Foto: ilustrasi Lebah Madu). Lebah dan madu mempunyai sejumlah keistimewaan dan khasiat
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi Lebah Madu). Lebah dan madu mempunyai sejumlah keistimewaan dan khasiat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Mengkonsumsi madu sangat baik untuk tubuh. Menurut penelitian para ahli, madu memiliki berbagai kandungan banyak mineral dan mengandung tujuh vitamin B kompleks dan didalamnya terdapat kandungan vitamin C. 

Madu mengandung gula dan nilai gizi yang tinggi. Selain gula, komponen lainnya juga terkandung di dalam madu. Seperti, mineral, polifenol, vitamin, asam amino, karotenoid, enzim, asam organik, dan senyawa yang mudah menguap.

Baca Juga

Tentang keunggulan madu terdapat dalam Alquran surat An-Nahl ayat 69. Allah SWT berfirman:  

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

 

Artinya: “Kemudian, makanlah (wahai lebah) dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan-jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perutnya itu keluar minuman (madu) yang beraneka warnanya. Di dalamnya terdapat obat bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”  

Melalui ayat ini, manusia diperintahkan untuk memikirkan tentang kekuasaan-Nya yang menjadikan lebah sebagai hewan yang bermanfaat dengan menghasilkan madu melalui serangkaian proses. 

Allah SWT memberikan kemahiran kepada para lebah untuk mengumpulkan makanan dari berbagai macam bunga-bungaan dan mengubahnya menjadi madu yang tahan lama dan bergizi. Kemahiran ini diwariskan lebah secara turun-temurun. 

Lebah-lebah menghisap makanan dari bunga-bungaan kemudian masuk ke dalam perutnya dan dari perutnya dikeluarkan madu yang bermacam-macam warnanya. Ada yang putih, ada yang kekuning-kuningan, dan ada pula yang kemerah-merahan, sesuai dengan jenis lebah itu dan bunga-bungaan yang ada di sekitarnya.

Di antara manfaat madu ialah untuk ketahanan tubuh dan mungkin pula sebagai obat berbagai penyakit. Hal ini dapat diterima oleh ilmu pengetahu-an, antara lain karena madu mudah dicerna dan mengandung berbagai macam vitamin. 

Penjelasan tentang fungsi madu ini dapat dibaca dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini: 

اِنَّ رَجُلًا جَاءَ إِلَى رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: اِنَّ أَخِيْ اِسْتَطْلَقَ بَطْنُهُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ: اِسْقِهِ عَسَلًا، فَسَقَاهُ عَسَلًا ثُمَّ جَاءَهُ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ سَقَيْتُهُ عَسَلًا فَمَا زَادَهُ اِلاَّ اِسْتِطْلَاقاً. قَالَ: اِذْهَبْ فَاَسْقِهِ عَسَلًا فَذَهَبَ فَسَقَاهُ عَسَلًا، ثُمَّ جَاءَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ، مَا زَادَهُ ذَلِكَ اِلاَّ اِسْتِطْلَاقًا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدَقَ اللّٰهُ وَكَذَبَ بَطْنُ اَخِيْكَ، اِذْهَبْ فَاسْقِهِ عَسَلًا، فَذَهَبَ فَسَقَاهُ عَسَلًا فَبَرِئَ. (رواه البخاري و مسلم عن أبي سعيد الخدري

Baca juga: Temuan Peneliti Amerika Serikat dan NASA Ini Buktikan Kebenaran Alquran tentang Kaum Ad

Artinya: “Bahwa seseorang datang kepada Rasulullah saw seraya berkata, “Sesungguhnya saudaraku perutnya mulas.” Maka Rasulullah SAW bersabda, “Minumkan kepadanya madu,” kemudian orang itu memberinya madu. Kemudian orang itu datang lagi kepada Rasulullah saw seraya berkata, “Ya Rasulullah saya telah memberinya madu, tetapi perutnya bertambah mulas.” Rasulullah saw bersabda, “Pergilah dan minumkan (lagi) kepadanya madu.” Maka orang itu pergi dan memberinya lagi madu, kemudian orang itu datang lagi kepada Rasulullah saw seraya berkata, “Ya Rasulullah, perutnya justru tambah mulas,” kemudian Rasulullah bersabda, “Allah benar dan perut saudaramu berdusta. Pergilah dan beri lagi saudaramu itu madu.” Lalu orang itu pergi dan memberinya lagi madu, kemudian ia pun sembuh.” (HR al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa‘id al-Khudri RA). Dalam riwayat yang berbeda disebutkan: 

اَلشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ: فِي شَرْطَةِ مَحْجَمٍ اَوْ شُرْبَةِ عَسَلٍ اَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى اُمَّتِي عَنِ الْكَيِّ (رواه البخاري و مسلم عن ابن عباس) 

Artinya: “Obat itu ada tiga macam mengeluarkan darah dengan bekam, minum madu dan membakar kulit dengan api (besi panas), dan aku melarang umatku membakar kulit.” (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu ‘Abbas). 

Sehingga lebah memiliki banyak manfaat. Madu yang dihasilkan lebah menjadi minuman yang lezat berguna bagi kesehatan. Sarangnya dapat dibuat lilin, bahan untuk membatik, dan lain-lain. Selain itu, lebah sendiri membantu penyerbukan bunga sehingga terjadi pembuahan.  

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement