Kamis 21 Sep 2023 12:05 WIB

Penyesalan Penghuni Neraka karena Disesatkan Temannya Ketika di Dunia

Hendaknya seorang Muslim berhati-hati memilih teman dalam bergaul.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto:

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih teman dalam pergaulan. Bila memiliki teman yang suka maksiat, sedang diri sendiri tak sanggup menyerunya pada jalan kebenaran, maka lebih baik menghindarinya daripada ikut-ikutan terjerumus dalam kemaksiatan. Namun, bila mampu untuk menasihatinya sehingga dia bertobat, maka hal tersebut sangat baik.

Maka, hendaknya lebih memilih berteman dengan orang-orang yang saleh. Karena berteman dengan orang saleh akan mendatangkan kebaikan dan keberuntungan di dunia dan di akhirat.

Sebab orang-orang saleh akan mengingatkan temannya ketika di dunia sehingga tidak lalai terhadap perintah Allah dan sunah Rasulullah dan mengingatkan agar tidak terjerumus pada kemaksiatan. Sementara di akhirat teman-teman yang saleh akan memberi syafaat sehingga mengajak serta teman-temannya masuk ke surga Allah SWT.

Karena itu, bergaul dengan orang-orang yang taat akan membuat diri kita termotivasi untuk menambah ketaatan. Sebaliknya, bergaul dengan pelaku maksiat berpotensi terjerumus melakukan kemaksiatan. Karena itu hendaknya seorang Muslim berhati-hati memilih teman dalam bergaul.

Hendaknya berteman dengan orang yang baik akhlaknya dan taat dalam menjalankan ibadah. Sebab teman yang seperti itu akan mengingatkan diri kita untuk semakin dekat kepada Allah. Ucapan-ucapan yang keluar dari mulutnya pun akan menambah ilmu pada diri kita dan perbuatannya pun akan mengingat kita pada akhirat.

Doa agar memilih teman yang saleh...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement