Kamis 21 Sep 2023 12:05 WIB

Penyesalan Penghuni Neraka karena Disesatkan Temannya Ketika di Dunia

Hendaknya seorang Muslim berhati-hati memilih teman dalam bergaul.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelak di akhirat ada sekelompok orang-orang yang begitu merasakan kekecewaan sekaligus dendam dan marah yang meluap-luap sebab mereka baru menyadari telah disesatkan oleh orang-orang yang dipercayainya ketika di dunia. Sehingga mereka pun harus merasakan azab neraka.

Maka, sekelompok orang ini pun mengajukan tuntutan kepada Allah agar memberikan azab dua kali lipat terhadap orang-orang yang telah menyesatkannya ketika di dunia.

Baca Juga

رَبَّنَآ اٰتِهِمْ ضِعْفَيْنِ مِنَ الْعَذَابِ وَالْعَنْهُمْ لَعْنًا كَبِيْرًا ࣖ

Artinya: Wahai Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan laknatlah mereka dengan laknat yang besar (Alquran surah al-Ahzab ayat 68).

Sekelompok orang ini meminta Allah agar memberikan azab dua kali lipat kepada orang yang telah menyesatkannya. Sebab orang tersebut telah sesat dan menyesatkan orang lain.

Lalu, mereka pun begitu menyesal di akhirat. Mereka menyesal karena salah memilih teman ketika hidup di dunia sehingga menjerumuskan ke neraka.

وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلٰى يَدَيْهِ يَقُوْلُ يٰلَيْتَنِى اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُوْلِ سَبِيْلًا ٢٧ يٰوَيْلَتٰى لَيْتَنِيْ لَمْ اَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيْلًا ٢٨ لَقَدْ اَضَلَّنِيْ عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ اِذْ جَاۤءَنِيْۗ وَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِلْاِنْسَانِ خَذُوْلًا ٢٩

Artinya: Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang zalim menggigit dua jarinya, (menyesali perbuatannya) seraya berkata, “Wahai! Sekiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama Rasul. Wahai, celaka aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku), sungguh, dia telah menyesatkan aku dari peringatan (Alquran) ketika (Alquran) itu telah datang kepadaku. Dan setan memang pengkhianat manusia” (Alquran surah al-Furqan ayat 27-29).

Berhati-hatilah dalam memilih teman...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement