Rabu 20 Sep 2023 14:56 WIB

Meneladani Rasulullah dalam Tafsir Surat Al Ahzab Ayat 21

Ayat ini sejatinya menegur orang-orang yang lari dalam perang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad
Foto: Republika.co.id
Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak ada sosok manusia yang lebih pantas untuk diteladani selain Rasulullah SAW. Sifat, akhlak dan pemikiran nabi Muhammad SAW begitu agung dan mulia. Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 21:

 

Baca Juga

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ 

وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

 

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Al Ahzab ayat 21). 

 

Ayat ini menegaskan yang patut diteladani adalah Rasulullah SAW. Sejatinya, ayat ini berkaitan dengan kaum Ahzab atau hari Ahzab yaitu ketika Rasulullah dan para sahabat pada masa itu mendapat tekanan bertubi-tubi dari berbagai kelompok-kelompok yang memusuhinya. Kelompok-kelompok dari kaum Yahudi dan Munafik bersekutu untuk menyerang orang-orang Mukmin di Madinah. 

 

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa Allah memerintahkan setiap manusia untuk meneladani nabi Muhammad SAW ketika beliau menghadapi kondisi hari Ahzab. Di mana saat berada di tengah gempuran golongan-golongan yang bersekutu untuk memeranginya, Rasulullah menghadapinya dengan kesabaran dan keteguhan serta terus berharap pertolongan dari Allah. 

 

Lebih dari itu, ayat tersebut menjadi dasar atau landasan bagi setiap manusia untuk meneladani Rasulullah baik dalam perkataannya, perbuatannya, dan perilakunya. 

هذه الآية الكريمة أصل كبير في التأسي برسول الله ﷺ فى أقواله وأفعاله وأحواله ، ولهذا أمر الناس بالتأسي بالنبي ﷺ يوم الأحزاب ، في صبره ومصابرته ومرابطته ومجاهدته وانتظاره الفرج من ربه ، عز وجل ، صلوات الله وسلامه عليه دائما إلى يوم الدين ، ولهذا قال تعالى للذين تقلقوا و تضجروا و تزلزلوا و اضطربوا في أمرهم يوم الأحزاب: لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة. أي: هلا اقتديتم به وتأسيتم بشمائله ؟ ولهذا قال: لمن كان يرجو الله واليوم الآخر وذكر الله كثيرا. 

 

Artinya: Ayat yang mulia ini adalah sumber yang agung dalam meneladani Rasulullah SAW dalam perkataannya, dan perbuatannya, dan perilakunya. Dan karena itu Allah memerintahkan manusia meneladani nabi SAW pada hari Ahzab dalam kesabarannya, keteguhannya, kepahlawanannya, dan perjuangannya dalam menanti pertolongan dari Allah. Semoga Allah senantiasa mencurahkan sholawat dan salam kepada beliau hingga hari akhir. Dan karena itu juga Allah ta'ala berfirman bagi orang-orang yang tergoncang jiwanya, gelisah, gusar, pada hari Ahzab. Allah berfirman: Laqod Kana fi Rasulullahi Uswatun Hasanah (Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu). Maksudnya yaitu, mengapa kalian tidak mencontoh dan meneladani sifat-sifat nabi Muhammad ? Karena itu Allah berfirman: Liman Kana yarjullaha wal yaumal akhiro wa dzakarallaha katsiron (yaitu, bagi orang yang mengharap Rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah). 

(Tafsir Ibnu Katsir karya abu Al Fida Ismail bin Umar bin Katsir al-Qursyi ad-Damasyqi atau Ibnu Katsir terbitan Daar thiyyibah Arab Saudi, halaman 391).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement