Jumat 15 Sep 2023 05:53 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Dua Akhlak Utama Manusia

Parameter kebaikan agama seseorang dapat diukur dengan perilaku dan akhlaknya.

 Umat Islam menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (10/4/2023).
Foto:

Jamaah yang dirahmati Allah

Dengan adanya makna di atas, Akhlak seakan-akan dijadikan pondasi dalam membangun tegaknya agama ini. Islam ini akan rusak apabila akhlak umat Islam juga rusak. Di antara kerusakan itu misalnya, Maraknya korupsi di kalangan Pejabat, praktik riswah yang membudaya, kemaksiatan di mana-mana, perselingkuhan yang marak terjadi, istri mengkhianati suaminya atau suami mengkhianati istrinya.

Di antara penyebab suburnya perilaku-perilaku rendah dan buruk di atas ialah hilangnya dua akhlak utama dalam diri seorang mukmin yang seharusnya mengakar dalam hati, dua akhla tersebut yakni Muroqobah dan Al-Haya’ (Malu).

Muroqobah merupakan kesadaran diri seorang muslim bahwa dia selalu dalam Pengawasan Allah swt, kesadaran yang didorong dengan keimanan bahwa Allah senantiasa mengawasi, melihat, dan mencatat segala macam perilaku baik dan buruk, kecil dan besarnya.

وَكَانَ ٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ رَّقِيبٗا...

“... Dan adalah Allah Maha mengawasi segala sesuatu” (QS. Al-Ahzab: 52)

Pada diri manusia kerap kali tersimpan keinginan jahat saat mereka sendiri tanpa diketahui orang lain. Maka manusia adalah pengawas bagi dirinya sendiri. Potensi melakukan kejahatan dapat diatasi dengan dua hal, yakni merasa diawasi Allah karena takut murka-Nya, bisa pula karena takut kekuasaan negara.

Kita ingat tentang kisah sosok pemuda pengembala ternak yang diuji kejujurannya oleh Umar Bin Khotob. Saat itu,  Umar ingin membeli satu ekor domba yang di gembalakan pemuda itu. Dengan tegas pemuda itu menolak “Saya tidak mau melakukan itu tuan, karena semuanya bisa kelihatan. Meski juragan tidak tahu tetapi Allah akan mengerti dan mengetahui segala apa yang saya lakukan,” begitulah jawaban yang menyenangkan hati Amirul mukminin.

Kesadaran akan pengawasan Allah baik dalam keadaan tertutup maupun terbuka yang dilandasi keimanan akan memantulkan kebiasaan baik dalam diri manusia.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/dua-akhlak-utama
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement