Senin 11 Sep 2023 19:33 WIB

Hadits Sholat adalah Tiang Agama adalah Palsu? Begini Jawaban Alumni Al-Azhar Kairo

Subtansi hadits sholat adalah tiang agama adalah benar

Flyer hadaits sholat adalah tiang agama. Subtansi hadits sholat adalah tiang agama adalah benar
Foto: Dok Istimewa
Flyer hadaits sholat adalah tiang agama. Subtansi hadits sholat adalah tiang agama adalah benar

Oleh : Ustadz Yendri Junaidi, Lc MA, dosen STIT Diniyah Putri Rahmah El Yunusiyah Padang Panjang dan Ketua Bidang Fatwa dan Hukum MUI Kota Tanah Datar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Kemudahan menyampaikan ilmu dalam bentuk design grafis, flyer, dan sebagainya tentu perlu disyukuri. 

Apalagi saat ini tak banyak orang yang betah membaca tulisan yang panjang-panjang. Yang sedikit dan ringkas lebih menarik meski informasi yang tersampaikan sering tidak utuh. 

Baca Juga

Lebih parah lagi kalau pesan singkat itu bukan hanya tidak utuh tapi cenderung menyesatkan. Hal ini tampak dalam sebuah design grafis berikut ini. Pembuat design grafis menyebut bahwa hadits:

الصلاة عماد الدين من أقامها فقد أقام الدين ومن هدمها فقد هدم الدين "Sholat itu tiang agama. Siapa yang mendirikannya berarti mendirikan agama. Siapa yang merobohkannya berarti merobohkan agama." Hadits itu disebutkan  tidak ada asal, dan tidak ditemukan dalam kitab-kitab hadits. 

Sang pembuat merujuk pada kitab an-Nafilah fi Ahadits adh-Dha'ifah karya Syekh Abu Ishaq al-Huwaini. Padahal ungkapan Syekh Abu Ishaq sendiri tidaklah demikian. Ia mengatakan: 

لم أقف عليه بهذا التمام "Saya tidak menemukan dengan redaksi lengkap ini." 

Ungkapan ini lebih menunjukkan kerendahan hati daripada yang ditulis oleh pembuat desain. Karena "tidak menemukan" bukan berarti tidak ada.  

Syekh Abu Ishaq bahkan mengatakan bahwa bagian awal hadits ada di beberapa riwayat yang bisa diterima.  Yang dikhawatirkan dari cara penyampaian ilmu secara singkat seperti ini adalah: 

Pertama, pendapat utuh dari sumber tidak tersampaikan. 

Kedua, sebagian orang menganggap bahwa kalau sebuah hadits tidak ada asal maka buang saja, tak perlu dihiraukan.  

Mereka tidak bisa membedakan antara hukum sebuah hadits dan makna hadits yang tetap bisa diamalkan. Mereka belum familiar dengan ungkapan para ulama: 

الحديث موضوع لكن معناه صحيح

"Haditsnya palsu tapi maknanya benar."

Baca juga: 15 Pengakuan Orientalis Non-Muslim Ini Tegaskan Alquran Murni tak Ada Kesalahan

Yang dilarang itu adalah menisbahkan sebuah hadits yang palsu kepada Rasulullah SAW. Adapun  mengambil makna dan mengamalkan subtansinya, ini pembahasan lain. 

Kalau ada seorang penceramah mengatakan, "Sholat itu tiang agama, siapa yang mendirikan sholat berarti mendirikan agama, dan siapa yang meninggalkan sholat berarti meninggalkan agama," maka ucapannya ini benar.  

Ia baru bisa dikatakan salah kalau mengatakan, "Ini adalah hadits Rasulullah SAW." (Meski hal ini masih bisa diperdebatkan karena bagian awal haditsnya shahih atau hasan, dan beberapa ulama hadits ada yang mengatakan hadits ini memiliki asal).

Ketiga, ilmu yang setengah-setengah lebih berbahaya dari kebodohan. Karena itu jangan pernah mengambil ilmu dari pesan-pesan singkat. Ilmu tidak mengenal istilah instan.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement