Ahad 10 Sep 2023 11:30 WIB

Keistimewaan Air Zamzam yang Ditegaskan Rasulullah SAW untuk Umat Islam

Air zamzam mempunyai sejumlah keistimewaan

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Bagi umat Muslim, air Zamzam merupakan salah satu bentuk nyata dari berkah dan mukjizat Allah SWT. Di tengah gurun pasir yang tandus, muncul mata air Zamzam yang melegakan dahaga Nabi Ismail as dan ibunda Hajar, serta berangsur menjadi sumber kehidupan kota Makkah.

Bagi setiap umat Islam yang melakukan perjalanan ibadah umrah maupun haji ke Arab Saudi, air ini menjadi salah satu oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan. Di dalamnya dipercaya terdapat sejumlah keberkahan, yang sangat dinantikan oleh hamba Allah SWT.

Baca Juga

Dr Abdulaziz bin Saad Al-Deghaither pun menjelaskan sejumlah keberkahan air Zamzam dalam hadits dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Di antaranya adalah keunggulannya dibandingkan makanan dan obat-obatan di muka bumi.

1. Keabsahan niat berbuat baik dunia dan akhirat ketika meminum air Zamzam

 

عن جابر قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: ماء زمزم لما شرب له 

 

Dari Jabir diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, "Minum air zamzam berkhasiat untuk segala yang diniatkan."

 

[Diriwayatkan oleh Ahmad (3/357, 372), Ibnu Majah (2/1018) (3062), Al-Bayhaqi (5/148), Ibnu Abi Shaybah (3/274), dan Al-Tabarani dalam “Al -Awsat” (1/259, 9/26) Al-Mundhiri, Ibnu Uyaynah dan Al-Damiati menilainya otentik, dan Al-Hafiz menggolongkannya baik]  

 

عن ابن عباس قال: قال النبي - صلى الله عليه وسلم -: «ماء زمزم لما شرب له إن شربته تستشفي شفاك الله، وإن شربته يشبعك الله أشبعك الله، وإن شربته لقطع ظمئك قطعه الله، وهي هزمة جبريل وسقيا الله إسماعيل

 

Dari Ibnu Abbas berkata, Nabi SAW bersabda, “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika kamu minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu maka Allah menyembuhkannya. Jika kamu minum dengan maksud supaya kamu kenyang maka Allah mengenyangkanmu. Jika kamu meminumnya agar hilang rasa hausmu maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail.” 

Baca juga: 15 Pengakuan Orientalis Non-Muslim Ini Tegaskan Alquran Murni tak Ada Kesalahan

 

[Diriwayatkan oleh Al-Daraqutni (2/289), Al-Hakim (1/646), diriwayatkan oleh Al-Mundhiri dan Al-Dumyati, dan Al-Hafiz menggolongkannya sebagai hasan karena banyaknya jalur}.

 

وفي رواية: «وإن شربته مستعيذًا أعاذك الله فكان ابن عباس إذا شرب ماء زمزم قال: اللهم إني أسألك علمًا نافعًا ورزقًا واسعًا وشفاء من كل داء»

 

Dan dalam riwayatnya, disampaikan bahwa, “Dan jika kamu meminumnya untuk berlindung, semoga Allah melindungimu.” Setiap kali Ibnu Abbas meminum air Zamzam, beliau berkata: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement