Kamis 07 Sep 2023 20:52 WIB

4 Ayat Alquran Ini Ungkap Keistimewaan Makkah yang Pernah Dihuni Para Nabi dan Rasul

Allah SWT memuliakan Kota Makkah dengan sejumlah keutamaan

Ilustrasi salah satu sudut Kota Makkah. Allah SWT memuliakan Kota Makkah dengan sejumlah keutamaan
Foto: DPR/Republika
Ilustrasi salah satu sudut Kota Makkah. Allah SWT memuliakan Kota Makkah dengan sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Allah  SWT menjadikan Kota Makkah sebagai kota istimewa yang mana semua hati manusia dijadikan cenderung dan cinta untuk mendatanginya. 

 

Baca Juga

Hal ini karena Kota Makkah diberi berbagai keutamaan seperti tempat-tempat mustajab untuk doa, dilipatgandakannya pahala, dan sebagainya. 

 

Ada beberapa ayat Alquran yang menjelaskan tentang keistimewaan Makkah di antaranya adalah sebagai berikut:  

 

Pertama 

 

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ 

 

‘Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata:  Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala (QS Ibrahim: 35) 

 

Kedua

 

 إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ  أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ

 

“Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Makkah). Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri’. (QS An-Naml: 91)

 

Ketiga

 

 لَا أُقْسِمُ بِهَٰذَا الْبَلَدِ وَأَنْتَ حِلٌّ بِهَٰذَا الْبَلَدِ وَوَالِدٍ وَمَا وَلَدَ

 

“Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Makkah), dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini, dan demi bapak dan anaknya’.” (QS Al-Balad 1-3)

 

Keempat 

 

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

 

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia’.” (QS Ali Imron: 96) 

 

Alquran memberi nama Kota Makkah dengan nama: Bakkah, Ummil Quro, al Balad al Amin, dan Makkah. Menurut sebagian ulama, kota ini disebut Makkah karena kurang airnya. Sebagian yang lain mengatakan  bahwa disebut Makkah karena bisa menghancurkan dosa  atau mengusir orang jahat dari kota tersebut. Kota ini juga disebut Bakkah karena manusia yang datang kepadanya saling mendorong karena banyaknya manusia.

 

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement