Ahad 03 Sep 2023 19:50 WIB

Keutamaan Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah yang Jarang Disadari

Ada dua keutamaan pada dua ayat terakhir Surat Al Baqarah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Surat Al Baqarah
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Surat Al Baqarah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada dua keutamaan pada dua ayat terakhir Surat Al Baqarah. Mungkin sebagian dari kita telah familiar dengan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah karena diperdengarkan dalam pengajian atau semacamnya.

Namun, apa sebetulnya keutamaan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah itu?

Baca Juga

Pertama, diriwayatkan dari Abu Mas'ud Al Ansari RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ وَلَقِيتُهُ وَهُوَ يَطُوفُ بِالْبَيْتِ فَذَكَرَ قَوْلَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

"Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari Surat Al Baqarah pada malam hari, maka kedua ayat itu akan mencukupinya." (HR Bukhari)

Kedua, keutamaan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah dapat diketahui dari hadits yang diriwayatkan dari Abu Dzar RA. Dalam hadits ini, Rasulullah SAW bersabda:

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أُعطيت خواتم سورة البقرة، من كنز تحت العرش، ولم يعطهن نبي قبلي

"Aku diberi penutup Surat Al Baqarah dari perbendaharaan (rahmat Allah) di bawah ‘Arsy yang tidak diberikan pada seorang Nabi sebelumku." (HR Ahmad)

Ketiga, keutamaan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah yaitu ketika rumah dibacakan dua ayat terakhir tersebut, maka setan takut mendatangi rumah itu. Dasarnya ialah hadits berikut ini:

حديث النعمان بن بشير رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن الله كتب كتاباً قبل أن يخلق السماوات والأرض بألفي عام، أنزل منه آيتين ختم بهما سورة البقرة، ولا يقرآن في دار ثلاث ليال فيقربها شيطان

Dari Nu'man bin Basyir, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menulis kitab sejak dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Allah menurunkan dua ayat darinya sebagai penutup Surat Al Baqarah. Tidaklah keduanya dibaca dalam rumah selama tiga malam setan akan mendekatinya." (HR Tirmidzi)

Dari hadits itu, dapat dipahami bahwa dua ayat terakhir Surat Al Baqarah diturunkan Allah dari sebuah kitab yang ditulis-Nya dua ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Selain itu, setan tidak akan mendekati, atau bahkan memasuki, rumah yang dibacakan dua ayat terakhir Surat Al Baqarah.

 

sumber : www.alukah.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement