Senin 28 Aug 2023 15:47 WIB

Kiai Ahsin: Pembunuhan Merupakan Dosa Besar dalam Islam

Allah akan membalas orang yang membunuh dengan neraka jahanam.

Rep: Mabruroh / Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Penemuan Mayat
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Penemuan Mayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maraknya kasus pembunuhan di Indonesia yang bisa kita lihat melalui berita-berita di televisi maupun di jejaring sosial media, menunjukkan seolah-olah perbuatan menghabisi nyawa orang lain adalah perilaku sepele. Padahal dalam Islam sendiri, maupun agama lain tidak membenarkan perilaku tersebut dan merupakan dosa besar.

Menurut pakar tafsir Alquran KH Ahsin Sakho, membunuh atau menghabisi nyawa orang lain tanpa sebab yang dibenarkan oleh syariat merupakan dosa besar. Mereka yang membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain tanpa hak, maka Allah akan membalasnya dengan neraka jahanam dan melaknat pembunuh tersebut dengan azab yang pedih.

Baca Juga

"Membunuh adalah perbuatan dosa. Dalam Alquran, siapa yang melukai orang lain satu orang saja itu sama saja dengan membunuh umat manusia, karena seorang itu apabila dia membunuh seseorang bisa jadi membunuh orang lain (lagi), karena dia telah menghalalkan pembunuhan, dan ini sangat besar sekali dosanya, hati-hati," kata Kiai Ahsin dalam sambungan telepon, Senin (28/8/2023).

Larangan membunuh ini disebutkan Allah dalam Alqur'an surat An-Nisa ayat 93:

وَمَنْ يَّقْتُلْ مُؤْمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَاۤؤُهٗ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيْهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيْمًا

"Siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, balasannya adalah (neraka) Jahanam. Dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, melaknatnya, dan menyediakan baginya azab yang sangat besar." (QS. An-Nisa': 93)

"Oleh karena itu di dalam Islam, bahwa membunuh orang lain merupakan dosa besar. Mereka yang membunuh orang lain secara sengaja (muslim), maka balasannya tidak lain adalah neraka jahanam dan dia akan abadi di situ. Allah sangat marah, Allah akan melaknat, Allah akan memberikan azab yang luar biasa," kata Kiai Ahsin.

Allah SWT juga menegaskan kembali larangan membunuh...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement