Sabtu 26 Aug 2023 13:13 WIB

Alquran Koreksi Teori Proses Reproduksi Manusia Era Plato

Teori tentang proses reproduksi manusia di era Plato tidak sesuai sains.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Alquran Jelaskan Proses Reproduksi Manusia Secara Ilmiah Jauh Sebelum Plato
Foto:

Alquran Jelaskan Proses Reproduksi Manusia

Teori terkait proses reproduksi manusia yang baru terungkap oleh ilmu pengetahuan pada abad 20 ini sebenarnya sudah diuraikan dalam berbagai surat Alquran ratusan tahun sebelumnya, sekitar 14 abad yang lalu.

Di dalam Alquran, Surat Al Insan Ayat 2 mengindikasikan adanya campuran antara unsur yang datang dari laki-laki dan wanita dalam pembentukan embrio.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اِنَّا خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ نُّطْفَةٍ اَمْشَاجٍۖ نَّبْتَلِيْهِ فَجَعَلْنٰهُ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur. Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan) sehingga menjadikannya dapat mendengar dan melihat. (Quran Surah Al-Insan Ayat 2)

Kata “setetes mani” pada ayat ini adalah terjemahan dari bahasa Arab nut-fatin amsyaj yang artinya bercampur. Yakni bercampurnya air yang berasal dari laki-laki dan perempuan. Hal ini dinyatakan oleh Nabi Muhammad SAW saat menjawab pertanyaan seorang Yahudi.

Ketika kaum Quraisy memberitahu seorang Yahudi bahwa Muhammad mengaku Nabi, ia lantas mendatangi Nabi Muhammad SAW dan mengajukan berbagai pertanyaan untuk menguji kebenaran pengakuannya.

Setelah sekian pertanyaan dijawab oleh Nabi, sampailah ia pada pertanyaan terakhir. Ia berkata, “Aku akan mengajukan kepadamu suatu pertanyaan yang tidak akan bisa dijawab oleh seorang pun di dunia selain Nabi dan orang-orang di sekitarnya.”

Nabi berkata, “Apakah engkau mendapat keuntungan bila aku menjawab pertanyaanmu?” Ia berkata, “Aku bertanya kepadamu tentang anak.”

Nabi menjawab...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement