Jumat 25 Aug 2023 21:12 WIB

Majelis Ilmu, Taman Surga di Dunia

Sunnah bagi Muslim bergabung jika dalam perjalanan menemukan majelis ilmu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Majelis Ilmu, Taman Surga di Dunia
Foto: Dok pim Jabar
Majelis Ilmu, Taman Surga di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surga menjadi tempat hamba-hamba Allah ta'ala yang beriman dan taat kepadaNya. Di dalamnya para penghuni surga memperoleh berbagai kenikmatan yang belum pernah dirasakan di dunia.

Namun, sejatinya di dunia pun ada tempat-tempat yang disebut sebagai taman-taman surga. Tempat itu adalah majelis-majelis ilmu.

Baca Juga

Oleh karena itu, sunnah bagi seorang Muslim ketika mendapati dalam perjalanan menemukan ada majelis-majelis ilmu untuk sejenak ikut bergabung.

Keterangan ini sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad ﷺ yang diriwayatkan Imam Thabrani:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَامَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْاقَالُوْ ايَارَسُوْلَ اللَّهِ ,وَمَارِيَاضُ الْجَنَّةِ؟ قَالَ مَجَالِسُ الْعِلْمِ.

Artinya: Nabi Muhammad ﷺ bersabda: Ketika lewat kalian di taman-taman surga, maka singgahlah. Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, apa taman-taman surga itu? Rasulullah menjawab: taman-taman surga itu adalah majelis-majelis ilmu.

Dari keterangan tersebut dapat dipahami bahwa majelis-majelis ilmu itu adalah tempat yang sangat baik yang ada di muka bumi. Karena Rasulullah pun mengibaratkan sebagai taman surga.

Sebab memang majelis-majelis ilmu adalah tempat bagi orang-orang yang mau menempuh jalan yang di ridhoi Allah mencapai surga. Orang yang mau duduk di majelis ilmu dan mendengarkan dengan seksama para ulama yang mengajarkan ilmu, niscaya akan memperoleh kunci meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement