Ahad 20 Aug 2023 15:27 WIB

Amalan-Amalan yang Dicintai Allah SWT Terangkum dalam 3 Hadits Berikut

Allah SWT mencintai amalan-amalan istimewa dari hamba-Nya

Rep: Rossi Handayani, Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Bersujud (ilustrasi). Allah SWT mencintai amalan-amalan istimewa dari hamba-Nya
Foto: Reuters
Bersujud (ilustrasi). Allah SWT mencintai amalan-amalan istimewa dari hamba-Nya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah Subhanahu wa Ta'ala mencintai hamba-Nya yang memberikan manfaat bagi orang lain. Terdapat berbagai macam bentuk amalan yang dapat dilakukan seorang Muslim kepada sesama. 

Terdapat beberapa hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan amalan-amalan yang dicintai Allah SWT, yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga

Pertama, dari Abdullah bin Umar radhiallahu'anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: 

أَحَبُّ الناسِ إلى اللهِ أنفعُهم للناسِ ، وأَحَبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ تُدخِلُه علىلى مسلمٍ ، تَكشِفُ عنه كُربةً ، أو تقضِي عنه دَيْنًا ، أو تَطرُدُ عنه جوعًا ، ولأَنْ أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ ؛ أَحَبُّ إليَّ من أن اعتكِفَ في هذا المسجدِ يعني مسجدَ المدينةِ شهرًا ، ومن كظم غيظَه ولو شاء أن يُمضِيَه أمضاه ؛ ملأ اللهُ قلبَه يومَ القيامةِ رِضًا ، ومن مشى مع أخيه في حاجةٍ حتى يَقضِيَها له ؛ ثبَّتَ اللهُ قدمَيه يومَ تزولُ الأقدامُ

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai Allah SWT adalah: [1] memasukan kebahagiaan pada hati seorang Muslim yang lain bahagia, [2] menghilangkan kesusahan dari orang lain, [3] membayarkan utangnya, [4] menghilangkan rasa laparnya. 

[5] Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang Muslim untuk membantu keperluannya, lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan penuh

[6] Siapa yang bisa menahan marahnya padahal bisa saja ia lampiaskan kemarahan tersebut, Allah akan penuhi hatinya dengan kebahagiaan di hari Kiamat siapa yang berjalan bersama saudaranya sesama Muslim untuk membantu hajatnya, maka Allah akan kokohkan kakinya (di hari Kiamat) ketika banyak kaki yang tergelincir ketika itu." (HR Thabarani dalam Al Ausath no 6026) 

Baca juga: Upaya Para Nabi Palsu Membuat Alquran Tandingan, Ada Ayat Gajah dan Bulu

Kedua, 

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهِ سُبْحَةُ الْحَدِيثِ، قَالُوا : وَمَا سُبْحَةُ الْحَدِيثِ يَا رَسُولَ اللهِ ؟ قَالَ : الرَّجُلُ يُسَبِّحُ وَالَّناُس يَتَكَلَّمُون

"Amal yang dicintai Allah adalah subhatul hadits. Bertanya sahabat, “Apa itu subhatul hadits ya Rasulullah?”  Rasulullah menjawab, “Seseorang bertasbih di tengah orang-orang yang mengobrol." (HR Abu Naim dalam Hilyah)

Ketiga, 

أعلموا أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ "Ketahuilah oleh kalian semua, Amalan yang paling dicintai Allah adalah yang terus-menerus (dilakukan) meskipun sedikit." (HR Muslim nomor 1305)    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement