Jumat 18 Aug 2023 04:07 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Baca dan Belanja Buku

Dengan membacalah maka ilmu pengetahuan dapat kita serap.

Naskah Khutbah Jumat: Baca dan Belanja Buku
Foto:

Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati Allah SwT

Membaca layaknya membuka jendela dunia. Pepatah ini saya kira tidak berlebihan. Karena dengan membacalah maka ilmu pengetahuan dapat kita serap dan terima hingga dapat kita laksanakan dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa keutamaan dari kegiatan membaca:

Pertama, sebagai media dan sarana untuk mengetahui ilmu pengetahuan baru, baik ilmu agama pun ilmu umum.. Seseorang dapat berubah sikap perilakunya salah satunya adalah karena pemahaman yang ia maklumi bertambah. Sampai pada batas yang tinggi dikatakan seseorang dapat beriman atau kafir. Salah satunya karena asupan pengetahuan dan diterimanya. Contoh utopis adalah Umar bin Khatab, Abu Sofyan, Bilal bin Ra’bah dan beberapa nama sahabat lain.

Kedua, Membaca mengurangi budaya oral (vokal). Tentu bukan tidak boleh kita berbicara. Namun kenyataan banyak bicara justru sering kurang atau tidak produktif, malah sebaliknya. Bicara yang berlebihan sering dapat menimbulkan fitnah atau muncul permusuhan baru. Energi yang kita miliki sebaiknya kita gunakan untuk membaca, selain mengurangi perkataan/obrolan yang tidak bermanfaat dengan membaca akan lebih menguatkan otak kita.

Ketiga, buku atau ilmu dapat diwariskan kepada anak keturunan kita, sebagai modal utama dalam menggapai masa depan mereka.

 

sumber : https://web.suaramuhammadiyah.id/2023/08/10/baca-dan-belanja-buku/
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement