Jumat 11 Aug 2023 18:02 WIB

Namanya Banyak Ditemukan di Berbagai Hadits, Siapakah Abu Hurairah?

Ribuan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengaji hadits nabi Muhammad.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi mengaji hadits nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu Hurairah radhiyallahu anhu nama aslinya adalah ‘Abdurrahman bin Shakhr Ad-Dausi. Beliau termasuk sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits. 

Seperti dikutip dari Syarah 10 Hadits Qudsi Pilihan disusun Abu Hafizhah Irfan, Beliau dilahirkan pada tahun 21 sebelum hijrah bertepatan dengan 602 M. Semasa kecil beliau adalah anak yatim yang lemah pada masa Jahiliyah. Datang ke Madinah pada saat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ke Khaibar. 

Baca Juga

Beliau masuk Islam pada tahun 7 Hijriah dan selalu bersama di sisi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau adalah seorang sahabat yang paling banyak menghafal dan meriwayatkan hadits dari Rasulullah ﷺ. 

Beliau telah meriwayatkan sebanyak 5.374 hadits, dan yang meriwayatkan darinya mencapai delapan ratus orang lebih dari kalangan sahabat ataupun tabi’in. Abu Hurairah radhiyallahu anhu pernah menjadi gubernur Madinah beberapa saat. 

Ketika khilafah dipegang oleh ‘Umar radhiyallahu anhu, beliau diangkat menjadi gubernur Bahrain. Akan tetapi kemudian ‘Umar radhiyallahu anhu menggantinya, karena tabiat beliau yang lembut dan sibuk dengan ibadah. 

Selang beberapa waktu Abu Hurairah radhiyallahu anhu ditawari kembali, namun beliau menolaknya. Sebagian besar hidupnya dihabiskan di Madinah, beliau wafat disana pada tahun 59 Hijriah bertepatan dengan 679 M. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement