Jumat 11 Aug 2023 17:47 WIB

Nasihat Luqman: Allah Maha Teliti Dalam Memberi Balasan

Nasihat Luqman menjadi inspirasi membangun pribadi dan keluarga yang baik.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengaji surah luqman.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Ilustrasi mengaji surah luqman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luqman al-Hakim adalah orang yang disebut dalam Alquran, tepatnya di dalam Surah Luqman (surah ke-31 dari 114 surah di dalam Alquran). Dikisahkan bahwa Luqman memberi nasihat kepada anaknya bahwa Allah Maha Teliti, perbuatan sekecil apapun akan mendapatkan balasan.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Baca Juga

يٰبُنَيَّ اِنَّهَآ اِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِيْ صَخْرَةٍ اَوْ فِى السَّمٰوٰتِ اَوْ فِى الْاَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَطِيْفٌ خَبِيْرٌ

(Luqman berkata,) “Wahai anakku, sesungguhnya jika ada (suatu perbuatan) seberat biji sawi dan berada dalam batu, di langit, atau di bumi, niscaya Allah akan menghadirkannya (untuk diberi balasan). Sesungguhnya Allah Maha Lembut) lagi Maha Teliti. (Quran Surah Luqman Ayat 16)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan bahwa Luqman berwasiat kepada anaknya agar beramal dengan baik, karena apa yang dilakukan manusia, dari yang besar sampai yang sekecil-kecilnya, yang tampak dan yang tidak tampak, yang terlihat dan yang tersembunyi, baik di langit maupun di bumi, pasti diketahui Allah.

Oleh karena itu, Allah pasti akan memberikan balasan yang setimpal dengan perbuatan manusia itu. Perbuatan baik akan dibalas dengan surga, sedang perbuatan jahat dan dosa akan dibalas dengan neraka.

Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu dan tidak ada yang luput sedikit pun dari pengetahuan-Nya. Allah kemudian melukiskan dalam firman-Nya tentang penimbangan perbuatan manusia.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حٰسِبِيْنَ

Kami akan meletakkan timbangan (amal) yang tepat pada hari Kiamat, sehingga tidak seorang pun dirugikan walaupun sedikit. Sekalipun (amal itu) hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya. Cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. (QS Al-Anbiya' Ayat 47)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement