Kamis 10 Aug 2023 20:19 WIB

Ingin Terhindar dari Kefakiran dan Kehinaan? Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW  

Berdoa dari kefakiran adalah sunnah Rasulullah SAW

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Orang berdoa (ilustrasi). Berdoa dari kefakiran adalah sunnah Rasulullah SAW
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang berdoa (ilustrasi). Berdoa dari kefakiran adalah sunnah Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Muslim tentu ingin menghindari dirinya dari keadaan fakir dan hina. Untuk itu Muslim dapat memanjatkan doa kepada Allah ﷻ agar terhindar dari hal-hal buruk tersebut. 

Berikut doa berlindung dari kefakiran dan kehinaan: 

Baca Juga

اللّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ، وَالْقِلَّةِ، وَالذِّلَّةِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ  أَظْلِمَ أو أُظْلَمَ  

Allahumma inni a'uudzu bika minal faqri wa a'uudzu bika minal qillati wadz dzillati wa a'uudzu bika an azhlima au uzhlama

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran. Aku berlindung kepada-Mu dari kekurangan dan kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari melakukan kezaliman atau dizalimi)

Dikutip dari Kumpulan Doa Lengkap Untuk Kebutuhan Hamba Allah terjemahan Abu Zur'ah, Dalilnya :

عن أَبِي هريرة، أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقول ، اللّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ، وَالْقِلَّةِ، وَالذِّلَّةِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أو أُظْللَمَ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa: "Allahumma inni a'uudzu bika minal faqri wa a'uudzu bika minal qillati wadz dzillati wa a'uudzu bika an azhlima au uzhlama" (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran. Aku berlindung kepada-Mu dari kekurangan dan kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari melakukan kezaliman atau dizalimi)." (HR An-Nasaii 5460).

Anjuran doa

Umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman sebagai berikut:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَججِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِيييي لَعَلَّهُممْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah ayat 186).

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

 

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al Mumin ayat 60 SWT, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُوونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ 

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina."           

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement