Rabu 09 Aug 2023 22:24 WIB

Nabi Muhammad SAW tak Luput Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Surat Al Mulk memiliki keutamaan yang besar untuk diamalkan oleh setiap Muslim.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Al Mulk memiliki keutamaan yang besar untuk diamalkan oleh setiap Muslim. Bahkan Nabi Muhammad SAW telah berpesan kepada umatnya untuk senantiasa membaca surat tersebut setiap hari menjelang tidur.

Sebelum tidur, Nabi SAW selalu terlebih dulu membaca surat tersebut. Diriwayatkan dari Jabir RA, dia berkata:

Baca Juga

عن جابر رضي الله عنه : " أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ آلم تنزيل ، وتبارك الذي بيده الملك "،

"Rasulullah SAW tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim Tanzil (Surat As-Sajdah) dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Al-Mulk)." (HR Tirmidzi)

 

Ada beberapa faedah yang besar bagi Muslim yang membaca surat Al Mulk setiap harinya. Hal ini pun telah dijelaskan oleh Otoritas Fatwa Mesir, Dar al-Ifta, tentang faedah membaca Surat Al Mulk sebelum tidur.

Dar Al Ifta menjelaskan, Surat Al Mulk adalah surat yang akan membuat pembacanya memperoleh banyak kebaikan dan diampuni dosa-dosanya. Mengapa demikian? Karena malaikat memohonkan ampunan bagi para pengamal surat Al Mulk.

Membaca Surat Al Mulk juga akan memberikan kedamaian dan keamanan bagi seorang Muslim yang rajin membacanya. Sehingga kedekatannya dengan Allah SWT semakin meningkat.

Selain itu, Surat Al Mulk menjadi pengantar dan pembimbing menuju surga. Kandungan Surat Al Mulk mengajarkan untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT. Bukan berarti menyerah pada keadaan atau semacamnya.

Justru dengan begitu, seorang Muslim akan senantiasa selalu bersyukur pada setiap keadaan yang dihadapinya. Akan selalu berprasangka baik kepada Allah, bahwa semuanya hanyalah bergantung kepada Allah SWT, termasuk soal rezeki. Karena rezeki itu telah ditetapkan dan setiap Muslim hanya perlu menjemputnya.

Seorang Muslim yang lisannya basah dengan bacaan Surat Al Mulk, menerima pahala yang besar. Ingatlah bahwa setiap huruf dalam Alquran menyimpan kebaikan. Satu kebaikan ini akan dilipatgandakan 10 kali lipat bagi siapa saja yang dikehendaki Allah SWT.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW ingin supaya setiap Muslim menyimpan surat Al Mulk di dalam sanubari hati. Dalam riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh aku menginginkan bila surat (Al Mulk) ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku." (HR Ath Thabrani)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement